Kompas.com - 13/07/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINIlustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021.

KOMPAS.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) wilayah Depok untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Terbuka jalur zonasi akan segera dibuka pada tanggal 14-15 Juli 2021.

Dilansir dari laman depok.siap-ppdb.com, empat jalur yang dibuka untuk pendaftaran PPDB Kota Depok 2021 secara umum adalah Jalur Afirmasi, Jalur perpindahan tugas orang tua (PTK), Jalur Prestasi, Jalur Zonasi serta Jalur Zonasi SMPN Terbuka.

Jalur Zonasi, merupakan jalur untuk menjaring calon peserta didik yang berdomisili di dalam zona dan atau di luar zona, berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling lambat 1 Juli 2020. Kuota jalur ini paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.

Mekanisme khusus untuk peserta pendaftaran jalur zonasi yang perlu diketahui bahwa penilaian zonasi menggunakan perhitungan jarak berdasarkan titik koordinat.

Baca juga: Kalender Akademik SMA 2021-2022: Hari Libur, Jadwal Ujian, Seleksi PTN

Penguncian koordinat berdasarkan nama jalan atau gang. Apabila dua atau lebih calon murid mendapatkan skor zonasi yang sama, maka penilaian dilakukan menggunakan usia yang paling sesuai dengan persyaratan yakni maksimal 15 tahun.

Merujuk pada Peraturan Walikota (Perwal) PPDB Kota Depok 2021 tentang PPDB SMPN Terbuka yang diunggah pada berkas.siap-ppdb.com ada beberapa poin sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. SMP Terbuka adalah upaya memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik tamatan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang berusia maksimal 15 tahun dan karena keadaan sosial ekonomi, keterbatasan fasilitas transportasi, kondisi geografis, atau menghadapi kendala waktu yang tidak memungkinkan mereka untuk mengikuti pelajaran pada UPTD SMP Induk (SMP Negeri Terbuka Sawangan dan SMP Negeri Terbuka 12).

2. SMP Terbuka Penerimaan Calon Peserta Didik Baru dilaksanakan pada 14 Juli-15 Juli 2021.

3. Seleksi prioritas untuk Calon Peserta Didik adalah untuk keluarga tidak mampu, jika melebihi kuota tahapan seleksi berdasarkan jarak terdekat dan usia.

4. Penerimaan Calon Peserta Didik Baru diumumkan pada tanggal 16 Juli 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.