Kompas.com - 13/07/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi: Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis di Banda Aceh, Aceh, Selasa (29/6/2021) ANTARA FOTO/SYIFA YULINNASIlustrasi: Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis di Banda Aceh, Aceh, Selasa (29/6/2021)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Teknik proning dalam beberapa waktu terakhir banyak disebutkan mampu membantu pasien Covid-19 yang mengalami sesak nafas dan mengalami penurunan saturasi oksigen.

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Akademik UGM, Astari Parnindya Sari menyampaikan, teknik proning memang dapat membantu seseorang yang mengalami sesak nafas termasuk pada pasien Covid-19.

Baca juga: Guru Besar Kedokteran Unair: 5 Tips Jitu Isolasi Mandiri Covid-19

Kendati begitu, teknik ini hanya bersifat sebagai pertolongan pertama atau sementara sebelum mendapatkan dukungan oksigen serta perawatan di rumah sakit (RS).

"Posisi proning (tengkurap) bisa membantu menaikan saturasi oksigen dalam tubuh. Tapi jika masih terlalu jauh dari target saturasi minimal, maka tetap butuh oksigen," kata dia melansir laman UGM, Selasa (13/7/2021).

Dia menjelaskan posisi proning dianjurkan untuk memaksimalkan fungsi paru bagian belakang atau yang berada pada bagian punggung.

Karena, saat tidur dalam posisi terlentang fungsi paru di bagian punggung cenderung kurang bekerja secara maksimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan melakukan posisi prone diharapkan dapat memudahkan daerah paru di belakang mengambil oksigen sehingga dapat meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh.

“Dengan posisi tengkurap bisa membuka area-area paru di belakang yang luasannya lebih besar dibanding bagian depan sehingga memudahkan dalam mengambil oksigen dan menaikan saturasi,” tuturnya.

Baca juga: Guru Besar UGM: Interaksi Obat Tak Picu Pasien Covid-19 Meninggal

Lalu, bagaimana teknik proning yang benar untuk membantu pasien sesak nafas?

Astari menyebut ada tiga posisi yang bisa dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.