Kompas.com - 13/07/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi KOMPAS/JITETIlustrasi
|

KOMPAS.com - Di tahun ajaran baru ini, pembelajaran masih digelar secara daring. Hal ini karena kasus Covid di Indonesia kembali meningkat.

Karena itu, bagi siswa sekolah yang ikut pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring, maka harus tetap semangat dalam menuntut ilmu.

Terlebih jika harus mencari sumber materi pelajaran. Selain dari guru, materi juga dapat berasal dari sumber yang jelas. Salah satunya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Siswa, Ini Lho 10 Tips Hidup Sehat Saat Pandemi

Bagi siswa SMP yang sedang belajar mengenai bela negara, maka berikut ini dijelaskan apa yang dimaksud dengan bela negara serta contoh bela negara.

Informasi dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek. Bela negara adalah bentuk kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tentu, pembelaan negara bukan semata-mata tugas dan tanggungjawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi juga segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guna menanamkan rasa cinta terhadap NKRI, maka kita sebagai warga negara Indonesia wajib menjaga keutuhan bangsa dan membela negara dari masalah apapun.

Siswa SMP sebagai generasi penerus bangsa juga harus ditanamkan rasa tanggungjawab dan rasa memiliki atau rasa cinta terhadap negara Indonesia sebagai salah satu program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Karenanya, siswa harus bangga dengan ideologi bangsa yang sudah ditetapkan 1 Juni 1945. Siswa SMP sebagai penerus cita-cita bangsa juga harus paham bahwa pancasila adalah dasar negara.

Baca juga: Siswa SMP Rentan Cyber Bullying, Ini 10 Ragam Perilakunya

Diharapkan, siswa SMP bisa memiliki sikap contoh bela negara, yakni:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.