Kompas.com - 12/07/2021, 17:15 WIB
|

KOMPAS.com - Lulus kuliah, tentu yang diharapkan mahasiswa adalah bisa bekerja. Namun terpenting, bekerja juga harus sesuai dengan jurusannya.

Tetapi, ada pula yang berpikir bahwa bekerja harus sesuai dengan passion atau gaji besar. Tentu semua keputusan ada di tangan orang tersebut.

Terkait hal itu, Career Development Center atau CDC Fisipol UGM menyelenggarakan Webinar Karir bertajuk “Pursuing Career: Passion Vs Money” beberapa waktu lalu.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Lho Cara Mengatur Gaji Pertama

Dalam webinar itu dibahas bahwa orang selalu dihadapkan pada pilihan gaji yang besar atau mengutamakan passion ketika memilih pekerjaan

Tentu, tidak jarang seseorang menemukan profesi yang sesuai passion tapi tidak banyak menghasilkan uang, maupun sebaliknya.

Ketika lebih mengutamakan passion, maka secara emosional orang akan lebih semangat bekerja dan terlibat dalam semua tugas di pekerjaan.

Namun, secara material akan kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup karena gaji yang tidak terlalu besar.

Sedangkan jika mengejar profesi yang banyak menghasilkan uang tapi tidak sesuai passion, secara material akan hidup berkecukupan dan memiliki prospek karir yang baik.

Akan tetapi, secara emosional orang itu tidak semangat bekerja dan selalu merasa tidak bahagia saat bekerja.

Keduanya bisa diraih

Menurut narasumber webinar, Stephanie W, Co-founder & Program Director Vooya, seseorang akan selalu dihadapkan dengan masalah tersebut ketika terjun di dunia kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.