Kompas.com - 12/07/2021, 08:24 WIB
Ilustrasi sesi konsultasi. ShutterstockIlustrasi sesi konsultasi.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Mau tak mau, masyarakat harus beradaptasi dengan kondisi ini dan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat keluar rumah.

Apalagi saat ini Indonesia tengah mengalami gelombang kedua kasus positif Covid-19. Kondisi ini tentu menyebabkan gangguan psikologis, baik bagi pasien, keluarga, masyarakat hingga tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Edilburga Wulan Saptandari mengatakan, sejak awal pandemi Covid-19, timnya sudah ikut serta dalam penanganan psikologis di bawah tim call center Satgas Covid-19 UGM.

"Waktu itu di bawah Satgas Covid UGM ada call center. Nah, kita bergabung di situ," ujar Yayi begitu dia akrab disapa seperti dikutip dari laman UGM, Minggu (11/7/2021).

Baca juga: Perusahaan Bumbu Dapur Ini Buka Lowongan Kerja SMA/D3 Fresh Graduate

Perkuat peran tim psikolog

Menurut Yayi, adanya lonjakan kasus positif Covid-19 saat ini, peran tim psikolog akan semakin diperkuat. Apalagi, UGM juga telah menyiapkan selter bagi pasien Covid-19 bergejala ringan di beberapa lokasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memberikan dukungan psikososial tersebut Fakultas Psikologi telah menyiapkan tim yang terdiri dari para mahasiswa Magister Psikologi maupun psikolog dari UGM dan rekanan.

"Kita memiliki 55 psikolog internal dan nanti bisa melibatkan psikolog rekanan jika diperlukan," imbuhnya.

Untuk memberikan penanganan dan dukungan psikososial ini, lanjut Yayi, bisa dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Pakar Unair Ungkap Strategi Cegah Pelecehan Seksual pada Mahasiswa

Misalnya, ketika pasien datang pertama kali bisa langsung mendapat penanganan psikologi dari para mahasiswa Magister Psikologi.

Namun, jika kondisinya perlu penanganan lebih jauh maka akan dilanjutkan kepada para psikolog dosen dari UKP Fakultas Psikologi maupun psikolog rekanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.