Kompas.com - 10/07/2021, 11:00 WIB
Jaringan tumbuhan Jaringan tumbuhan

 

KOMPAS.com - Bukan hanya manusia saja yang memiliki jaringan dalam tubuhnya. Hewan dan tumbuhan pun memiliki jaringan-jaringan. Namun, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan jaringan?

Jaringan adalah kelompok sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama. Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi, dan ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel tersebut.

Semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Sedangkan, pada organisme bersel banyak, seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri.

Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan organisme yang membentuk jaringan ini yang dapat mempertahankan hidupnya.

Baca juga: Siswa Penerima KIP, Kemendikbud Ristek Perbarui Skema Penyaluran Dana

Kali ini, jaringan yang menarik untuk dibahas adalah jaringan dalam tumbuhan. Apa saja jaringan dalam tumbuhan? Baik pohon, bunga dan tanaman lain? 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini dia penjelasannya, melansir dari laman Direktorat SMP Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Ini penjelasan tentang jenis-jenis jaringan pada tumbuhan:

Jaringan meristematik

Jaringan meristematik terdiri dari sel-sel meristem. Jaringan ini dapat ditemukan pada titik-titik tumbuh di ujung batang dan akar (meristem pucuk/ujung/apikal), di bawah kulit kayu.

Jaringan ini, sebagai kambium gabus maupun kambium pembuluh, disebut meristem tepi atau lateral dan di tepi ruas atau buku, serta pada pangkal tangkai daun (meristem antara atau interkalar.

Baca juga: Bisa Dicontoh, Cara Orangtua Jepang Mendisiplinkan Anak

Jaringan epidermis

Jaringan epidermis berfungsi melindungi bagian dalam organ sehingga tidak bersentuhan langsung dengan pengaruh keadaan di luar organ.

Sel-sel epidermis biasanya berbentuk segi empat apabila dilihat dari samping, berjajar homogen. Namun, epidermis dapat mengalami perubahan menjadi sel-sel penutup atau sel penjaga stomata beserta beberapa sel tetangga, trikoma atau rambut daun/batang, duri, serta rambut kelenjar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.