Kompas.com - 10/07/2021, 06:07 WIB
Jojo S. Nugroho (kiri bawah) memberikan materi webinar di Prodi Hubungan Masyarakat UPN Jogja. DOK.Prodi Humas UPN JogjaJojo S. Nugroho (kiri bawah) memberikan materi webinar di Prodi Hubungan Masyarakat UPN Jogja.
|

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, ada banyak profesi yang bakal menanti. Tapi, bagaimana dengan Prodi Hubungan Masyarakat?

Ternyata, lulus Prodi Humas juga dapat bekerja di berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta. Namun, ada satu profesi yang belum banyak dilirik oleh mahasiswa. Apa itu? Profesi itu ialah konsultan Public Relations.

Terkait hal itu, Prodi Hubungan Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta (UPN Jogja) menggelar webinar bertajuk "Challanges and Opportunities for PR Consultant in New Normal Era", Kamis (8/7/2021).

Baca juga: Webinar UPN Jogja: 5 Ide Kreatif Pelaku UKM Cepat Viral Pakai TikTok

Menurut Ketua Panitia Webinar, Fauzul Haq, M.I.Kom., dipilihnya tema itu karena untuk mengenalkan profesi ini kepada para mahasiswa Prodi Humas UPN.

Fauzul percaya bahwa setelah pandemi berlalu dan roda perekonomian bergerak kembali, maka kebutuhan terhadap konsultan PR akan tumbuh.

"Banyak perusahaan yang memerlukan mitra untuk melaksanakan komunikasi dengan baik. Perusahaan bisa berkolaborasi dengan konsultan PR, atau sepenuhnya menyerahkan kepercayaan pada konsultan PR," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Narasumber webinar ialah Jojo S. Nugroho selaku Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI).

Dikatakan, tugas konsultan Humas adalah menangani citra klien di hadapan publiknya. Konsultan harus bekerja sama dengan berbagai perusahaan nasional maupun internasional.

Dan tentu saja memerlukan beragam keahlian untuk bekerja bersama menjalankan kampanye komunikasi klien.

Baca juga: Webinar UPN: Humas DJP Ubah Citra Lembaga dengan Medsos dan 9 Strategi Ini

Jojo yang juga Founder dan Managing Director IMOGEN PR, sebuah konsultan PR yang telah berdiri sejak 2006 ini membeberkan 5 skill penting yang perlu dipersiapkan lulusan Hubungan Masyarakat, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.