Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 3 Kunci Sukses Secapa TNI AD dari Kluster Covid Jadi Nol Kasus

Kompas.com - 10/07/2021, 05:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tahun lalu, di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) menjadi kluster Covid-19. Tapi kini, sekolah yang diisi lebih dari 1.300 prajurit TNI AD tersebut nol kasus.

Lantas apa kunci keberhasilannya tersebut? Ternyata, semua karena berbagai program dan upaya, termasuk melakukan evaluasi yang dilakukan lembaga pendidikan tersebut.

Menurut Komandan Secapa AD, Mayor Jenderal TNI Ferry Zein, sekolahnya sempat dihantam Covid-19 pada Secapaad TA 2020. Ada sebanyak 1.268 orang di lingkungan Secapaad yang terpapar Covid.

Baca juga: Mau PTM Terbatas? Simak Dulu Tips Komandan Secapa AD Ini

Meski sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, namun pihaknya tak bisa mengontrol virus yang menyerang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

"Dari jumlah itu, 983 adalah calon perwira dan 285 orang ialah organik atau internal Secapaad," ujar Mayjen TNI Ferry saat berbagi pengalamannya dihadapan peserta Program Fellowship Jurnalisme Pendidikan angkatan kedua secara daring, Senin (5/7/2021).

Adapun kegiatan ini digelar oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) berkolaborasi dengan PT Paragon Technology and Innovation.

Dijelaskan Mayjen Ferry, penyebab sekolahnya jadi kluster Covid karena fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan di Secapaad masih sangat terbatas.

Karenanya, jumlah peserta didik tidak sebanding dengan kondisi fasilitas yang ada sehingga tidak mendukung terselenggaranya protokol kesehatan secara sempurna.

Disamping itu, kondisi fisik peserta didik juga tidak semuanya berada dalam kondisi bugar. Sementara itu, lingkungan sekitar Secapaad adalah lingkungan masyarakat yang sangat potensial menjadi jalur penularan Covid-19.

"Semua peserta didik kami full ada di sini. Bahkan pada waktu itu lingkungan kami masuk daerah oranye. Jadi, penyebaran Covid bisa tak terduga," katanya.

Kendati demikian, pihaknya tak menyerah begitu saja. Berbagai upaya dilakukan guna menekan laju penyebaran Covid di lingkungan Secapa AD.

Kunci sukses nol kasus

Dengan perencanaan yang baik, Dansecapaad membeberkan kunci sukses menghadapi masalah tersebut:

1. Sebelum pelaksanaan operasional pendidikan

a. Penyiapan fasilitas pendidikan:

  • Melaksanakan penyemprotan disinfektan pada fasilitas pendidikan yang akan digunakan oleh Serdik.
  • Menyiapkan barak, ruang kelas, ruang makan, dan tempat lainnya yang akan digunakan oleh Serdik dengan mengatur sesuai protokol kesehatan.
  • Menyiapkan tempat cuci tangan di sekitar fasilitas yang digunakan Serdik.
  • Menyiapkan fasilitas kesehatan.

b. Penyiapan Guru Militer (Gumil) atau Tenaga Pendidik (Gadik)

  • Menyelenggarakan penataran bagi Gadik dan Gapendik.
  • Melaksanakan uji kompetensi terhadap Gadik dan Gapendik yang akan mengajar.
  • Melaksanakan penyamaan persepsi materi pelajaran guna memberikan pemahaman dan pendalaman materi yang akan diajarkan.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Ini Cara Pulihkan Indra Penciuman karena Covid

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com