Kompas.com - 09/07/2021, 15:29 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ada ungkapan 'Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri China'. Di era sekarang, semua mahasiswa bisa mengenyam pendidikan di negara mana saja yang mereka inginkan, asal memenuhi persyaratan.

Bisa diterima di universitas luar negeri tentu butuh perjuangan. Ada beberapa syarat yang wajib dilengkapi.

Masalah biaya, jangan khawatir karena saat ini banyak sekali program yang bisa memberikan beasiswa di luar negeri.

Bagi perusahaan, mengenyam pendidikan di luar negeri juga dipandang menjadi nilai tambah bagi mahasiswa yang mencari pekerjaan.

Baca juga: Unpar Buka Penerimaan Maba Pakai Nilai UTBK 2021, Simak Syaratnya

Empat alumni Universitas Pertamina membagikan tips sukses mendapatkan beasiswa di universitas luar negeri.

Mereka berhasil melanjutkan pendidikan Strata Dua (S2) ke beberapa kampus ternama di luar negeri melalui mekanisme beasiswa. Keempat mahasiswa tersebut adalah Cynthia Eka Wahyuni, Nanda Febri Istighfarin, Zayyan Rafi K, dan Kevin Foggy Delu.

Apa saja kiat-kiat yang harus disiapkan agar lolos dalam seleksi beasiswa luar negeri? Yuk, kita simak tips dari para alumni Universitas Pertamina berikut.

Baca juga: KKP Buka Formasi CPNS 2021 Lulusan SUPM/SMA/SMK, Cek Infonya di Sini

1. Tentukan tujuan dan pilih program beasiswa yang tepat

Sebelum memilih program beasiswa, pastikan kamu sudah menentukan tujuan karier masa depan. Cynthia mengatakan, dia memilih program Erasmus karena beasiswa ini memiliki mekanisme kuliah yang paling menarik.

"Saya akan bersekolah di tiga negara dan tiga universitas yang berbeda. Semester pertama, saya akan belajar di University of Tartu, Estonia. Semester kedua, di University of Glasgow, Scotland, Inggris. Dan untuk tahun terakhir, saya memilih KIMEP University di Almaty, Kazakhstan," kata Cynthia seperti dikutip dari laman Universitas Pertamina, Jumat (9/7/2021).

Dia memilih program ini karena ingin menjadi pengamat hubungan internasional dan bekerja di bidang tersebut. Sehingga KIMEP menjadi pilihan sebagai destinasi terakhir.

Baca juga: Sekolah di Jepang dan Dapat Uang Saku, Ikuti Program Beasiswa Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.