Kompas.com - 08/07/2021, 08:24 WIB
Ketua uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac dari Bio Farma sekaligus akademisi dari Universitas Padjajaran (Unpad), dr Novilia Sjafri Bachtiar meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19. Tangkapan layar Instagram Bio FarmaKetua uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac dari Bio Farma sekaligus akademisi dari Universitas Padjajaran (Unpad), dr Novilia Sjafri Bachtiar meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu Dosen Luar Biasa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) meninggal dunia, Rabu (7/7/2021).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengucapkan duka cita atas berpulangnya Dosen Unpad sekaligus Kepala Tim Peneliti Uji Klinis Vaksin Sinovac ini.

Dalam unggahan di akun Instagram resminya, Ridwan Kamil mengatakan, almarhumah adalah pahlawan kita di era pandemi ini.

Baca juga: Lagi, Laporan Keuangan Kemendikbud Ristek Raih WTP

Peneliti vaksin Sinovac berpulang

Ridwan Kamil mengungkapkan rasa duka cita dan mengajak pengikut di Instagramnya memanjatkan doa untuk semua nakes dan mereka yang berpulang dalam tugasnya.

"Turut berduka cita, atas berpulangnya Dr. dr. Novilia Sjafri Bachtiar, MKes. Kepala divisi surveilans dan Riset klinis @biofarmaid," tulis Ridwan Kamil seperti dikutip dari Instagram resminya, Rabu (7/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ridwan Kamil menambahkan, almarhumah adalah kepala uji klinis vaksin sinovac yang digunakan hari ini.

Baca juga: Mahasiswa UMM Ciptakan Tempat Cuci Tangan Canggih Kaya Fitur

Dan sepanjang kariernya mengetes belasan jenis vaksin untuk keamanan kesehatan warga Indonesia.

"Doa kita semua juga untuk semua yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19 di hari-hari panjang ini," imbuh Ridwan Kamil.

Baca juga: Tertarik Masuk Sastra Indonesia? Ini Peluang Kerja yang Bisa Ditekuni

Ridwan Kamil juga mengajak para pengikut di Instagramnnya untuk sejenak mendoakan mereka yang sudah berpulang dan mereka yang sedang berjuang.

Hal senada juga disampaikan di Instagram resmi Biofarma. Dalam postingannya, Biofarma menyatakan, selama hidupnya, almarhumah terlibat dalam puluhan uji atau riset klinis vaksin termasuk vaksin Covid-19.

Baca juga: Hindari Mata Mudah Lelah dengan Tips dari Dokter Unair

Almarhumah juga senantiasa mendedikasikan diri dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan dunia.

Kabar duka ini juga disampaikan Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi. Dandi menjelaskan, almarhumah meninggal pada Rabu (7/7/2021) dini hari di Rumah Sakit Santosa.

"Novilia sudah dimakamkan tadi siang di Cimahi, dekat kediamannya dengan menggunakan protokol Covid-19," ucap Dandi seperti dikutip dari Antara.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.