Kompas.com - 07/07/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi mata lelah ShutterstockIlustrasi mata lelah
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19, banyak aktivitas yang semula bisa dilakukan secara langsung harus diganti secara virtual.

Kondisi ini membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau handphone. Baik saat bekerja maupun anak-anak yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menatap layar terlalu lama menyebabkan mata cepat lelah, kering. Bahkan menyebabkan kelainan pada mata. Menjaga mata agar tetap sehat perlu dilakukan meski harus menatap layar laptop atau smartphone dalam jangka waktu lama.

Dokter spesialis mata Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Mohamad Nurdin Zuhri menerangkan, banyak pasien di era pandemi ini mengalami kelelahan mata mata kering, maupun kelainan refraksi atau kabur pada penglihatan.

Baca juga: Lagi, Laporan Keuangan Kemendikbud Ristek Raih WTP

Biasanya paling banyak ditemukan orangtua membawa anaknya dengan keluhan anak mengalami kabur penglihatan atau mata lelah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atur jarak saat menatap layar

"Setelah diperiksa, biasanya diagnosis terkena miopi atau astigmatisma. Salah satu penyebab mata lelah di era daring karena durasi kerja jarak dekat yang cukup lama," kata Nurdin seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (7/7/2021).

Ketika melihat dengan jarak dekat, lanjut Nurdin, mata akan mengalami penyesuaian saat menerima bayangan yang jelas dari obyek yang dilihat. Maka otot mata akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.

"Jika kita melihat dengan jarak dekat maka otot mata akan lebih berkontraksi. Ibarat kita mengangkat benda berat, beberapa menit mungkin kita kuat, akan tetapi kalau sudah berjam-jam akan membuat kita lelah," ungkap dokter yang juga alumni pendidikan spesialis mata Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair).

Baca juga: Pakar UGM Bagikan Panduan Menyembelih Hewan Kurban Saat Pandemi

Nurdin menjelaskan, salah satu hal penting untuk menjaga mata tetap sehat yakni mengatur jarak saat menggunakan handphone. Postur tubuh berpengaruh pada jarak ideal penggunaan gawai. Biasanya yang paling umum adalah dengan jarak satu lengan atau sekitar 30-40 cm.

"Jarak yang baik antara mata dengan gawai itu tergantung postur tubuh sebenarnya, karena postur tubuh setiap orang pasti berbeda," kata Nurdin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.