Kompas.com - 07/07/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi hewan kurban. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi hewan kurban.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Adha dirayakan umat Islam sekitar dua pekan lagi. Tentu ada perbedaan dalam pelaksanaan ibadah kurban di masa pandemi Covid-19.

Terlebih saat proses penyembelihan hewan kurban, tidak dapat dilakukan dengan melibatkan banyak orang untuk mencegah penyebaran virus corona.

Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melalui Halal Research Center membagikan teknik penyembelihan hewan kurban yang halal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Direktur Halal Research Center Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta, Nanung Danar Dono menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerumunan saat penyembelihan hewan kurban.

Baca juga: Ekonom IPB: Publik Harus Hentikan Trade Off Kesehatan dan Ekonomi

Tips penyembelihan hewan kurban saat pandemi

Umat bisa melakukan beberapa panduan penyembelihan hewan kurban berikut ini:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Membatasi atau mengurangi jumlah panitia kurban yang terlibat. Pengurus takmir masjid berwenang untuk menentukan jumlah panitia.

2. Membatasi atau mengurangi jumlah ternak yang disembelih di lokasi. Hewan kurban yang tidak dapat disembelih di masjid dapat dititipkan kepada lembaga AMIL yang amanah untuk dikirim ke daerah atau negara lain yang lebih membutuhkan.

3. Membagi waktu penyembelihan menjadi 3 hingga 4 hari. Panitia dapat memanfaatkan kesempatan menyembelih di Hari Tasyrik.

Baca juga: Siswa, Perhatikan 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Pakai Masker Dobel

4. Membagi lokasi penyembelihan menjadi 3 hingga 4 tempat yang berbeda. Lokasi penyembelihan dapat dibagi per wilayah RT.

"Panitia kurban juga harus menyediakan air dan sabun dan atau hand sanitizer secara cukup. Anak-anak dan warga lanjut usia atau di atas 50 tahun, serta warga yang sakit hendaknya tidak dilibatkan dalam penyembelihan hewan," terang dosen Fakultas Peternakan UGM ini seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (7/7/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.