Kompas.com - 06/07/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi Bahasa Indonesia ShutterstockIlustrasi Bahasa Indonesia
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Minat warga negara asing untuk mempelajari Bahasa Indonesia ternyata cukup tinggi. Terbukti di beberapa perguruan tinggi negara lain terdapat jurusan Bahasa Indonesia.

Seperti yang terjadi di negara Papua Nugini. Bahasa Indonesia disiarkan melalui saluran radio dan bisa diakses lebih dari 110.000 murid dan mahasiswa Papua Nugini secara gratis.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Port Moresby, Papua Nugini (PNG), melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI meluncurkan Program Penyiaran Bahasa Indonesia melalui Radio Maria.

Program ini bahkan disiarkan ulang oleh sepuluh radio di 10 kota di Papua Nugini guna menjangkau area-area besar di negara tersebut.

Baca juga: Guru Sekolah Dasar Harus Beradaptasi dengan Pembelajaran Digital

Program Bahasa Indonesia disiarkan melalui radio

Atdikbud RI di Port Moresby, Chaerun Anwar mengakui, kerja sama ini strategis karena siaran Radio Maria dan siar ulangnya dapat menjangkau pelosok negeri Papua Nugini yang luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Program Bahasa Indonesia disiarkan pada hari kerja Senin sampai Jumat, pukul 11.00 sampai 12.00 waktu setempat," kata Atdikbud Chaerun seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (6/7/2021).

Menurut Chaerun, Radio Maria melayani kurang lebih 1 juta pendengar di seluruh Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Radio Maria dipilih sebagai mitra karena mempunyai jaringan penyiaran yang luas. Program Penyiaran Bahasa Indonesia sendiri berdurasi 60 menit dan terbagi dalam 4 segmen, yaitu Mari Bicara Bahasa Indonesia, Mari Menyanyi Lagu Indonesia, Mari Mengenal Provinsi di Indonesia, dan Mari Belajar di Indonesia.

Baca juga: Dosen Itera Teliti Tanaman Nyamplung sebagai Bahan Dasar Kosmetik

Selain itu, sejumlah guru lokal Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) juga bertugas menjadi penyiar.

"Mereka secara bergantian mengisi acara. Sementara itu, narasumber tamu akan dihadirkan dalam format acara sesuai topik dan bahasan siaran setiap minggunya," terang Atdikbud Chaerun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.