Kompas.com - 05/07/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain permainan lompat tali di taman. FREEPIKIlustrasi anak-anak bermain permainan lompat tali di taman.
|

KOMPAS.com - Umumnya, setiap anak usia dini aktif bergerak atau suka bermain. Tetapi, bagaimana jika anak lebih suka bermain dengan gawai atau ponsel pintar?

Maka anak jadi jarang untuk bergerak. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua tetap mengajarkan anaknya untuk terus aktif bergerak.

Sebab, aktif atau banyak bergerak bagi anak usia dini itu justru membuat anak menjadi lebih sehat. Karena itu, anak yang aktif bergerak harus dibiarkan.

Baca juga: 4 Peran Orangtua Menangani Masalah pada Anak Usia Dini

Tetapi, orang tua tetap harus menjaga dan mengawasinya dengan baik. Bahkan orang tua juga aktif untuk ikut bergerak.

Melansir akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kemendikbud Ristek, Senin (28/6/2021), berikut manfaat aktif bergerak bagi anak usia dini.

Ini manfaat aktif bergerak

1. Metabolisme tubuh akan lebih baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika aktif bergerak, maka tubuh anak akan lebih lancar menyerap nutrisi hingga otot dan tulang kuat, pencernaan lebih lancar hingga anak tidak sembelit.

2. Tidur malam yang lelap

Anak-anak yang aktif bergerak pada pagi hingga sore hari, maka jika tidur akan lelap. Hormon pertumbuhan yang aktif pada saat seperti ini akan lebih lancar terbentuk.

3. Nafsu makan anak meningkat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.