Kompas.com - 04/07/2021, 21:01 WIB
Lovie Kartika Sari, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris ini dinobatkan sebagai wisudawan terbaik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang ke-100 periode II tahun 2021.
 Tangkap layar laman UMMLovie Kartika Sari, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris ini dinobatkan sebagai wisudawan terbaik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang ke-100 periode II tahun 2021.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lulus dengan nilai sempurna pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa.

Namun untuk mendapatkan nilai dan prestasi juga butuh perjuangan. Banyak usaha dan kedisiplinan yang dikerahkan untuk mencapai itu semua.

Hal itulah yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Lovie Kartika Sari dinobatkan sebagai wisudawan terbaik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang ke-100 periode II tahun 2021.

Perempuan yang akrab Lovie ini mengaku, untuk menjaga prestasi dan nilai selama kuliah adalah tekadnya sejak menjadi mahasiswa baru.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Cara Membuat Password yang Aman dari Peretasan

Baginya dimanapun ia berada, asal memiliki tekad yang kuat dan konsisten prestasi akan turut menyertai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya sempat minder dengan teman-teman yang masuk PTN. Tapi saya mencoba untuk membuktikan bahwa prestasi bisa diperoleh dari mana saja. Karena itu, saya bertekad untuk selalu berprestasi baik secara akademik maupun non akademik," kata Lovie seperti dikutip dari laman UMM, Minggu (4/7/2021).

Memahami penjelasan dosen

Untuk mempertahankan konsistensi menjadi yang terbaik, Lovie membagikan kiat-kiat belajar selama kuliah.

Baca juga: Cerita Alumni FPIK Undip Jadi Peneliti Internasional Konservasi Hiu

Lovie mengaku, hal paling penting ketika mendapat materi dosen adalah memahami, mendengarkan dengan baik dan mencatat setiap hal yang sudah dijelaskan.

Selain itu, Lovie juga kerap merekam materi ketika dosen menerangkan. Selama proses kuliahnya di UMM, dia sangat menghindari tidur larut malam.

"Kalau saya tidur larut malam, saya tidak bisa berkonsentrasi dengan maksimal ketika pagi hari. Maka dari itu, saya memilih untuk tidur cepat dan bangun lebih pagi," kata mahasiswa asal Sidoarjo ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.