Kompas.com - 04/07/2021, 15:37 WIB
SMPN 4 Tenggarong Kalimantan Timur menggelar aksi 1 orang tanam 1 pohon melibatkan siswa, pendidik, orangtua dan masyarakat pada 17 dan 30 September 2019 di lingkungan sekolah.  DOK. TANOTO FOUNDATION/AGUS SUPARMANTOSMPN 4 Tenggarong Kalimantan Timur menggelar aksi 1 orang tanam 1 pohon melibatkan siswa, pendidik, orangtua dan masyarakat pada 17 dan 30 September 2019 di lingkungan sekolah.
|

KOMPAS.com - Bumi yang kita cintai ini tentu harus terus dirawat dengan baik. Salah satunya menjaga kelestarian lingkungannya.

Sebab, kelestarian alam merupakan salah satu warisan yang akan diturunkan kepada generasi selanjutnya. Oleh karena itu kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini.

Apapun perilaku menjaga lingkungan dapat berdampak baik terhadap keberlangsungan bumi. Maka semua bisa dimulai sejak dini.

Baca juga: Ini Manfaat Pohon Pisang, Siswa Harus Paham

Dalam webinar Edukasi Lingkungan bertema 'Berbagi Cerita: Menjaga Bumi, Melestarikan Alam' yang dilaksanakan pada Selasa, 29 Juni 2021, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menjadi pembicara.

Menurutnya, perilaku yang paling mudah untuk menjaga lingkungan adalah tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah menjadikan beban pada lingkungan atau alam.

Dia menegaskan akan pentingnya mengurangi timbunan sampah. Sudah saatnya masyarakat memisahkan barang-barang yang tidak dipakai yang masih bisa diolah atau dipakai lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan plastik sekali pakai juga harus dihindari agar tidak menambah sampah plastik, sehingga lingkungan sekitar tidak kotor atau banyak sampah.

"Jangan sampai sampah mengotori sumber-sumber air seperti sungai, laut, danau dan mata air, agar airnya tetap bersih dan bermanfaat. Dan jangan lupa, kita juga harus menerapkan budaya hemat air, memakai air seperlunya," terangnya seperti dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek.

Selain itu, Siti Nurbaya juga mengatakan bahwa kebiasaan baik menjaga lingkungan ialah dengan menanam pohon.

Tentu dengan menanam pohon dapat menjaga air tetap tersedia, mengurangi banjir di musim hujan, mendapatkan udara untuk persediaan di musim kemarau, dan mencegah bencana longsor.

Baca juga: Siswa Wajib Tahu, Begini Praktik Baik Menjaga Lingkungan Sekitar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.