Kompas.com - 03/07/2021, 12:57 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bekerja sama dengan Kampus Kompas TV mengadakan Kelas Online Santai (KOSAN) yang bertajuk 'Proses Dibalik Konten Kreatif'.

Acara yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom ini menghadirkan dua orang pembicara yaitu Abdur Rahim sebagai Content Creator Kompas TV dan Ridwan Remin sebagai Stand Up Comedian.

Abdur Rahim mengatakan, 'Digital is the Future' karena bisnis media cetak sejak beberapa tahun terakhir berubah mengikuti tren teknologi digital.

Sosial media kini menjadi pangsa pasar bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Beragam platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, YouTube dan Twitter bisa menjadi wadah bagi para content creator untuk membuat suatu konten.

Baca juga: Kembangkan Urban Farming, Mahasiswa UKDW Raih Hibah Kemendikbud Ristek

Tidak ada aturan baku dalam kreativitas

Namun, perlu diingat bahwa kode etik jurnalistik harus dipatuhi selama membuat konten.

"Tidak ada aturan baku dalam kreativitas," ujar Abdur dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Ada beberapa tahapan dalam proses produksi konten, yaitu:

  • Riset dengan cara mencari materi yang sedang trending di media sosial dan memahami kekuatan cerita. Kedua hal tersebut bisa menjadi tips dalam membuat konten yang menarik.
  • Menentukan angle.
  • Proses eksekusi.
  • Editing.
  • Preview.
  • Publikasi.

Baca juga: Ini Rincian Formasi CPNS 2021 Mahkamah Agung untuk Lulusan D3-S1

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan publikasi adalah dengan memperhatikan judul, keyword, hashtag, dan thumbnail.

"Be creative, be out of the box, be consistent. Ini tiga kunci sukses dalam menjadi content creator," tegas Abdur.

Tips jadi content creator

Pada kelas online tersebut, Ridwan Remin, menceritakan proses dibalik konten kreatif berdasarkan pengalaman yang dimilikinya selama ini.

Baca juga: Intip Cara Mahasiswa Unair Kreasikan Jamu Jadi Minuman Kekinian 

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.