Kompas.com - 03/07/2021, 11:11 WIB
Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Dok. Humas UKDWUniversitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.
|

KOMPAS.com - Salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni bisa berkontribusi dan mengabdikan diri kepada masyarakat sekitar.

Melalui program berjudul 'Pengembangan Sentra Urban Farming Melalui Realisasi Masterplan Kampung Sayur Bausasran Berbasis Wisata Kota Yogyakarta', Kelompok Studi Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (P2D) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil mendapatkan hibah Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) tahun 2021.

Hibah ini diperoleh dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek).

Program P3D secara khusus ditawarkan kepada organisasi kemahasiswaan yang telah menerima dan dianggap berhasil dalam pelaksanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) pada tahun 2020.

Baca juga: Ini Rincian Formasi CPNS 2021 Mahkamah Agung untuk Lulusan D3-S1

Kembangkan program urban farming

Sekitar 280 tim secara nasional mengikuti program P3D ini. Melalui proses seleksi proposal dan presentasi, akhirnya tim P3D UKDW yang dikoordinir Ester Nurhana Kusumawati dari Fakultas Bioteknologi UKDW berhasil lolos dan mendapatkan hibah sebesar Rp 48,9 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ester, melalui pelaksanaan program PHP2D tahun 2020 di kampung Bausasran terlihat banyak manfaat yang dirasakan baik oleh warga masyarakat dan mahasiswa yang terlibat dalam program ini.

Pelaksanaan program PHP2D telah berhasil menginisiasi terbentuknya kelompok wanita tani, kebun pembibitan, dan master plan pengembangan kampung sayur Bausasran menjadi kampung mandiri pangan berbasis urban farming.

Baca juga: Pakar Unpad Ungkap Tantangan Perawat di Masa Pandemi

Perguruan tinggi bantu wujudkan ketahanan pangan

Mempertimbangkan hal tersebut, melalui program P3D ini tim diharapkan dapat mengimplementasikan master plan yang telah tersusun dengan dukungan masyarakat dan perangkat Desa Bausasran.

Ester mengatakan, pelaksanaan kedua program ini di Bausasran merupakan bentuk komitmen UKDW dalam berkontribusi pada program Gandeng Gendong yang dicetuskan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Perguruan tinggi berkontribusi pada pembangunan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, serta pengelolaan lingkungan di lingkup kota Yogyakarta," kata Ester dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.