Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Buka 2.419 Formasi CPNS 2021 bagi Lulusan SMA/SMK hingga S1

Kompas.com - 02/07/2021, 10:17 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka 2.419 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 untuk lulusan SMA/SMK hingga S1.

Selain itu, ada lagi yang dikhususkan untuk mereka lulusan S2. Formasi CPNS 2021 yang dibuka Kemenhub untuk lulusan S2 sebanyak 26 kursi.

Baca juga: Kejaksaan Buka CPNS 2021 Lulusan SMA-D3, Cek Infonya di Sini

Melansir laman Instagram Kemenhub, Jumat (2/7/2021) memberitahukan batas umur pelamar pada saat melakukan pendaftaran online CPNS 2021 Kemenhub, yakni:

1. Usia paling rendah 18 tahun.
2. Usia paling tinggi 35 tahun.

Adapun 2.419 formasi CPNS 2021 yang dibuka Kemenhub untuk lulusan SMA/SMK hingga S1, sebagai berikut:

1. Pendidikan SMA/SLTA/SMK sebanyak 684 formasi.

2. Pendidikan D2 sebanyak 14 formasi.

3. Pendidikan D3 sebanyak 1.312 formasi.

4. Pendidikan D4/S1 sebanyak 409 formasi.

Tata cara pendaftaran

Bagi kamu yang ingin mendaftar, maka bisa melakukannya dengan tata cara pendaftaran seperti di bawah ini:

1. Registrasi dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)/ Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) mulai tanggal 30 Juni 2021 sampai dengan 21 Juli 2021 pukul 23.59 WIB.

2. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilaksanakan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id segera setelah pelamar memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional, mulai tanggal 30 Juni 2021 sampai dengan 21 Juli 2021 pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas Kemendikbud Ristek Dibuka

3. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas berjenis PDF File:

  • Scan Asli Surat Lamaran yang ditujukan kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan ditandatangani (format Surat Lamaran sesuai dalam lampiran pengumuman) dan dokumen diketik komputer.
  • Scan Asli Surat Pernyataan, bermaterai 10.000 dan ditandatangani (format Surat Pernyataan sesuai dalam lampiran pengumuman) dan dokumen diketik komputer.
  • Scan Asli Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) sesuai formasi jabatan yang dilamar.
  • Scan Asli Transkrip Nilai/Nilai rata-rata yang tercantum pada Ijazah/STTB (bukan nilai NUN/NEM/SKHUN/Sertifikat Hasil Ujian Nasional), bagi pelamar khusus Formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik berpredikat "Dengan Pujian"/Cumlaude jika pada ijazah atau transkip nilai tidak memuat keterangan atau tulisan “Dengan Pujian”/Cumlaude maka wajib mencantumkan/melampirkan surat keterangan yang ditandatangani oleh Rektor/Dekan yang menyatakan bersangkutan lulus "Dengan Pujian"/Cumlaude.
  • Scan Asli Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)/Kecamatan bagi yang belum memiliki e-KTP yang masih berlaku berjenis JPEG File.
  • Pas photo terbaru ukuran 4x6 dengan menggunakan pakaian formal dan berlatar belakang warna merah berjenis JPEG File.
  • Scan Asli Sertifikat Pendukung sesuai dengan kebutuhan yang dipersyaratkan dalam formasi jabatan.
  • Scan Fotocopy Akreditasi Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah (khusus formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik berpredikat "Dengan Pujian"/Cumlaude).
  • Scan Fotocopy Akreditasi Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah (khusus formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik berpredikat "Dengan Pujian"/Cumlaude).
  • Scan Fotocopy Akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah (untuk Formasi Umum, Disabilitas dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat).
  • Scan Asli Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku bagi Pelamar Tenaga Kesehatan khusus jabatan Ahli Pertama - Dokter, Ahli Pertama - Dokter Gigi, Ahli Pertama - Perawat, Ahli Pertama – Apoteker, Terampil - Perawat, Terampil - Terapis Gigi dan Mulut serta Terampil – Nutrisionis.
  • Scan Asli Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir (untuk pelamar pada jabatan formasi khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat).
  • Scan Asli Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku (untuk pelamar pada jabatan formasi khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat).
  • Scan Asli Penyetaraan Ijazah dan Surat Keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara "Dengan Pujian"/Cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi (khusus pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri).
  • Scan Asli surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya (khusus pelamar penyandang disabilitas).
  • Menyampaikan copy link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar dalam bentuk link/tautan di youtube/googledrive/dropbox (khusus pelamar penyandang disabilitas).

4. Surat Keterangan Lulus tidak berlaku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com