Kompas.com - 30/06/2021, 15:55 WIB
Bagi peserta Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip), ada sejumlah peraturan yang wajib ditaati selama ujian online berlansung. Tangkap layar laman UndipBagi peserta Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip), ada sejumlah peraturan yang wajib ditaati selama ujian online berlansung.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jalur Mandiri yang diadakan masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi kesempatan mewujudkan mimpi calon mahasiswa melanjutkan pendidikan ke universitas idaman.

Penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) yang diadakan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dibanjiri peminat.

Sebanyak 56.247 calon mahasiswa yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia bahkan dari luar negeri bersaing agar bisa masuk program studi (prodi) S1 di Undip.

Para peserta melakukan ujian mandiri secara online dari rumah masing-masing mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan dilakukannya ujian secara terpusat.

Baca juga: Guru Besar UGM Ungkap Dampak Perubahan Iklim bagi Bumi

Peserta UM Undip dari Jateng mendominasi

Dari data yang dihimpun panitia, berikut rincian daerah asal pendaftar UM Undip 2021:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Provinsi Jawa Tengah: 15.071 pendaftar.
  • Provinsi Jawa Barat: 12.318 pendaftar
  • Provinsi DKI Jakarta: 6.595 pendaftar
  • Provinsi Jawa Timur: 5.049 pendaftar
  • Provinsi Banten: 3.856 pendaftar
  • Provinsi Sumatra Utara: 2.575 pendaftar
  • Provinsi Riau: 1.004 pendaftar.

"Lima besar dilihat dari asal jumlah pesertanya adalah Jateng, Jabar, DKI Jakarta, Jatim dan Banten," kata Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip, Setia Budi Sasongko seperti dikutip dari laman Undip, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Webinar CDC UNS Berikan Tips Hadapi Tantangan Otomatisasi Dunia Kerja

Dari jumlah pendaftar sebanyak 56.247 calon mahasiswa, peserta yang dinyatakan tidak lolos sebanyak 24.003 orang tidak melanjutkan pembayaran registrasi secara online.

Sisanya sebanyak 32.063 orang melakukan pembayaran registrasi sehingga dinyatakan lolos mengikuti ujian yang digelar secara online tertanggal 21 Juni hingga 3 Juli 2021.

"Penerimaan mahasiswa baru Undip Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur UM mendapat alokasi yang cukup besar, yakni 50 persen dari total mahasiswa yang diterima atau setara dengan 5.089 mahasiswa," beber Setia Budi Sasongko.

Baca juga: Unpad Berikan Pendampingan Psikolog bagi Sivitas yang Jalani Isoman

UM Undip secara daring

Pelaksanaan ujian, lanjut Budi Sasongko, terdapat perbedaan teknis dalam pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Undip 2020 dengan UM Undip 2021. UM Undip tahun 2020 menggunakan seleksi rapor serta portofolio. Sedangkan pada tahun 2021 ini ditambah dengan tes tertulis berbasis komputer yang dikerjakan dari rumah masing-masing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.