Kompas.com - 30/06/2021, 12:08 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kasus positif Covid-19 terus bertambah belakangan ini. Bahkan sejumlah rumah sakit tidak bisa menampung lagi pasien positif Covid-19.

Dengan kondisi saat ini, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati jika akan beraktivitas di luar rumah.

Disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) merupakan hal wajib, termasuk menggunakan masker dobel untuk mengantisipasi terpapar virus corona.

Terlebih saat ini muncul berbagai mutasi virus Covid-19 yang lebih cepat menular, sehingga menuntut masyarakat untuk lebih waspada dan memperketat perlindungan diri saat berada di luar rumah.

Baca juga: Guru Besar UGM Ungkap Dampak Perubahan Iklim bagi Bumi

Cara tepat menggunakan masker dobel

Salah satunya, menggunakan dua masker atau masker dobel. Melalui postingan di akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), memberikan informasi terkait cara tepat menggunakan masker dobel.

Meski bagi sebagian orang akan menyebabkan susah bernapas, masker dobel ini dinilai bisa melindungi diri dari paparan virus.

Salah satu yang ditegaskan dalam penggunaan masker dobel adalah tidak boleh menggunakan dua masker medis secara bersama-sama.

Jika ingin menggunakan masker rangkap, gunakan masker medis dengan masker berbahan kain.

Dengan menggunakan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi udara yang dihirup dan diembuskan.

Baca juga: PTM Terbatas Beda dengan Sekolah Biasa, Ini Aturannya

Berdasarkan rekomendasi dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penakit Amerika Serikat (AS), penggunaan masker rangkap dianggap mampu menurunkan risiko penularan Covid-19 sebesar 90 persen.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.