Kompas.com - 30/06/2021, 08:38 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. DOK. dpr.go.id (Eno/Man)Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.
|

KOMPAS.com - Usai diterbitkannya izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik.

Pasalnya, saat ini jumlah kasus Covid-19 dengan pasien anak di Indonesia mencapai 12,5 persen dari total kasus Covid-19 di Indonesia.

Jika vaksinasi pada anak usia 12 tahun telah dilaksanakan, maka harapannya dapat mempercepat realisasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Baca juga: DPR RI Minta Vaksinasi untuk Guru Dipercepat

Menurutnya, dengan vaksinasi maka imunitas anak terhadap virus Corona akan terbentuk sehingga melindungi mereka dari risiko terpapar.

Ketika pembelajaran tatap muka terbatas mulai digelar, tubuh anak diharapkan lebih kuat melawan Covid-19.

"Semoga vaksinasi anak ini dapat mempercepat realisasi pembelajaran tatap muka yang rencananya dilaksanakan pada Juli 2021. Tapi ingat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ya," ujar Puan seperti dikutip dari laman DPR RI, Senin (28/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itulah dia mengajak para orangtua Indonesia agar bersiap-siap mengajak anaknya ikut vaksinasi. "Ini saatnya untuk memberikan anak-anak kita perlindungan terbaik terhadap virus Covid-19," ucap Puan.

Hal ini, lanjut Puan, berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia, jumlah kasus Covid-19 dengan pasien anak di Indonesia mencapai 12,5 persen dari total kasus Covid-19 di Indonesia.

Adapun BPOM mengizinkan penggunaan vaksin Sinovac Bio Farma untuk anak-anak usia di atas 12 tahun setelah dilakukan uji klinis dan dengan pertimbangan data epidemiologi Covid-19 di Indonesia menunjukkan mortalitas tinggi pada usia 10-18 tahun.

Menurutnya, lonjakan kasus Covid-19 pada anak-anak membuktikan bahwa Corona bisa menyerang siapa saja. Tentu seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga: Orangtua, Ini Lho Kebutuhan Gizi Anak Usia Dini

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.