Kompas.com - 29/06/2021, 18:30 WIB
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Shutterstock/SunhajiKampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terus berupaya meningkatkan kinerja, baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Upaya tersebut dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen, yakni dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta stakeholder terkait.

Baca juga: Dua Anak Buruh Emping Raih IPK Cumlaude di UNY

Harapannya, UNY secara kelembagaan dapat menjadi institusi pendidikan yang unggul, inovatif, dan kreatif. Dalam skala lebih, UNY terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan bermutu, sebagaimana tercantum dalam agenda SDGs.

Upaya terus menerus dan sungguh-sungguh yang dilakukan UNY, telah mendapat pengakuan dari beberapa lembaga atau institusi, salah satunya yakni penghargaan dari Webometrics.

Pada Februari 2021, UNY meraih posisi 18 dari 100 universitas negeri dan swasta di Indonesia dalam pemeringkatan universitas yang diadakan oleh Webometrics.

Dalam situs tersebut UNY menempati ranking 18 nasional. Disebutkan juga bahwa UNY menempati posisi 777 dalam impact ranking, 5963 dalam openness ranking, dan 3431 dalam excellence ranking.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Capaian ini, semoga menjadi pemicu dan pemacu agar UNY terus berupaya untuk berprestasi, baik di tingkat nasional dan internasional, jaya lembaganya, sejahtera warganya," ucap Rektor UNY, Sumaryanto melansir laman UNY, Selasa (29/6/2021).

Webometrics merupakan sistem peringkat untuk universitas-universitas di dunia berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol atau Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yang berlokasi di Madrid.

Tujuan dari Peringkat ini adalah untuk meningkatkan kehadiran akademik dan institusi peneliti di Web dan juga mempromosikan hasil publikasi ilmiah terbuka. Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan diperbarui setiap Januari dan Juli.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.