Kompas.com - 29/06/2021, 10:20 WIB
Kemendikbud Ristek salurkan 50 tenda ke Rumah Sakit (RS) di Jakarta untuk membantu penanganan Covid-19. DOK. Kemendikbud RistekKemendikbud Ristek salurkan 50 tenda ke Rumah Sakit (RS) di Jakarta untuk membantu penanganan Covid-19.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menyalurkan bantuan 50 tenda di 50 Intalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit di Jakarta sejak 23 Juni 2021.

Langkah itu dilakukan demi membantu penanganan pasien Covid-19 yang saat ini sedang melonjak di Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: 2 Alternatif Belajar Saat PTM Terbatas

Tenda-tenda darurat itu merupakan hibah kerjasama antara Kemendikbudristek dengan UNICEF.

Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek, Jumeri mengatakan, penyaluran tenda tersebut untuk membantu Pemerintah Provinsi DKI dalam penanganan Covid-19.

Hal tersebut sesuai dengan surat permohonan dari Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta selaku Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta, Nomor 633/-1.772 tentang Permohonan Peminjaman Tenda.

"Kita coba membantu dan mengakomodir adanya permintaan dari Pemprov DKI Jakarta yang membutuhkan ruang darurat tambahan untuk penanganan pasien Covid-19. Tenda kami salurkan ke rumah sakit yang membutuhkan," ucap Jumeri melansir laman Kemendikbud Ristek, Selasa (29/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tenaga Ahli Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas SPAB), Jamjam Muzaki mengatakan, proses pengiriman tenda dikoordinasikan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta atas permintaan dari rumah sakit rujukan Covid-19.

Proses pengiriman tenda tersebut disalurkan dari LPMP DKI Jakarta. Pendirian tenda di rumah sakit dilakukan secara bertahap oleh Kemendikbudristek, BPBD DKI Jakarta, Jaya Konstruksi dan pihak rumah sakit.

"Hingga saat ini bantuan pengiriman dan pendirian tenda sudah mencapai tahap ketiga," terang dia.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Rangkul Twitter Kerek Literasi Medsos Siswa SMP

Pada tahap pertama, Kemendikbud Ristek menyalurkan tenda darurat di 19 rumah sakit, yakni RSUD Kramat Jati, RSAU Esnawan Antariksa, RSUD Pasar Rebo, RS Yadika Pondok Bambu, dan RS Islam Pondok Kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.