Kompas.com - 28/06/2021, 18:57 WIB
Ilustrasi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Unsplash/Luiz MelendezIlustrasi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sudah sejak zaman dahulu, tren peminat di program studi Kedokteran selalu tinggi saat proses penerimaan mahasiswa baru.

Prodi Kedokteran menjadi salah satu prodi favorit karena setelah lulus, peluang kerjanya sangat luas. Banyak sekali rumah sakit, perusahaan maupun instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan Kedokteran.  

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia pun memiliki prodi Kedokteran dengan kualitas bagus.

Beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang memiliki Fakultas Kedokteran juga telah mengantongi akreditasi A. Seperti Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, Universitas Mataram, Universitas Padjadjaran.

Baca juga: Rektor Unair: Peluang Peserta KIP Kuliah-Reguler Sama di Jalur Mandiri

Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Udayana, Universitas Andalas, Universitas Jember, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Universitas Syiah Kuala, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Islam Indonesia.

Hingga Universitas Pelita Harapan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan beberapa universitas lainnya.

Namun untuk masuk ke Kedokteran juga membutuhkan persiapan yang tidak mudah.
Selain harus belajar rajin, biaya pendidikan juga harus dipersiapkan secara matang jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke Kedokteran.

Baca juga: Franka Makarim: Orangtua Harus Tumbuhkan Critical Thinking pada Anak

Dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021, ada 7 peserta yang masuk ke prodi Kedokteran dengan nilai tertinggi.

Dalam pengumuman hasil SBMPTN 2021 Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Nasih menyampaikan, ada 10 peserta UTBK 2021 dari rumpun Saintek yang mempunyai nilai tertinggi. Tujuh diantaranya merupakan peserta yang lolos prodi Kedokteran di sejumlah PTN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.