Kompas.com - 28/06/2021, 13:20 WIB
Dua putri buruh emping melinjo raih IPK cumlaude di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). DOK. UNYDua putri buruh emping melinjo raih IPK cumlaude di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Air mata Muzaroah mengalir saat dua putrinya menyelesaikan pendidikan tingginya dengan meraih IPK cumlaude di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Itu karena, dia menguliahkan kedua anaknya dengan menjadi seorang buruh emping melindo, karena telah lama ditinggal suami sejak 2002.

Baca juga: Kisah Ririn Susanti, Anak Buruh Tani Raih IPK Tertinggi di UNY

Kedua putrinya itu bernama Sayidatul Maslahah yang lulus S2 Pendidikan Luar Biasa UNY dan Nur Milati lulus S1 Pendidikan Teknik Mekatronika UNY.

"Keduanya meraih IPK cumlaud, Sayidatul Maslahah memperoleh IPK 3,78 dan Nur Milati memperoleh IPK 3,78," kata dia melansir laman UNY, Senin (28/6/2021).

Selama menjadi buruh emping melinjo, dia mengaku, penghasilan yang diperoleh tidak terus menerus mencapai Rp 20 ribu per minggu yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski begitu, dia menyebut, banyak orang yang membantu dalam kehidupannya sehari-hari, seperti keluarga, tetangga, bahkan guru sekolah kedua putrinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kedua paman mereka yang selalu menjaga dan membimbing 2 anak saya. Kakek dan nenek mereka juga berjuang supaya bisa memberikan makan untuk kami," sebut dia.

Dia mengaku, anak-anaknya sepulang sekolah juga membantunya membuat emping melinjo, demi bisa menyisihkan sedikit rezeki untuk sekolah.

Namun, pekerjaan ini juga tidak selalu ada karena menyesuaikan dengan musim melinjo.

Pada saat tidak ada pekerjaan Muzaroah hanya membantu kakek dan nenek, karena mereka tinggal dalam satu rumah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.