Kompas.com - 26/06/2021, 09:41 WIB
Ilustrasi ayah dan anak berolahraga bersama LightFieldStudiosIlustrasi ayah dan anak berolahraga bersama
|

KOMPAS.com - Setiap anak memiliki talenta masing-masing. Sebagai orangtua, cukup membantu mengarahkan dan memfasilitasi bakat dan minat dari anaknya.

Bahkan jika ditekuni hingga dewasa, tak menutup kemungkinan hobi anak juga menjadi pekerjaannya di masa yang akan datang.

Banyak sekali bidang yang bisa menjadi daya tarik anak. Salah satunya yaitu, ketertarikan anak-anak di bidang olahraga.

Olahraga dan kesehatan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena jika ingin selalu sehat baik jasmani atau rohani bisa diperoleh dengan rutin berolahraga.

Baca juga: PPDB Jabar 2021 SMA/SMK Tahap 2 Dibuka, Ini Alur dan Jadwalnya

Mengenali potensi diri

Dilansir dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terdapat berbagai jenis olahraga. Seperti, olahraga rekreasi, olahraga pendidikan serta olahraga prestasi.

Untuk olahraga prestasi tentu bisa diprogram dan direncanakan agar mencapai tujuan utamanya yaitu meraih prestasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meraih prestasi puncak adalah dengan mengenali potensi yang ada pada diri masing-masing, terutama pada anak usia dini.

"Perlu disadari bersama bahwa masing-masing anak tentu mempunyai bakat yang berbeda-beda. Anak tersebut dapat dikatakan berbakat apabila memiliki potensi yang berbeda dari teman-teman seusianya," kata Guru Besar UNY, Prof. Endang Rini Sukamti seperti dikutip dari laman UNY, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Peserta SBMPTBR 2021 Wajib Bawa Hasil Tes Rapid atau Swab

Menurut Endang, setelah mengetahui serta mengidentifikasi potensi anak. Khususnya bakat pada bidang olahraga yang dimiliki anak, maka orangtua dapat terus memonitor dan membina agar anak dapat meraih prestasi tertingginya.

"Dalam hal pencapaian prestasi, mengidentifikasi potensi secara spesifik terutama potensi fisik sangat dibutuhkan," tambah Prof. Endang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.