Kompas.com - 24/06/2021, 16:22 WIB
Ilustrasi anak belajar mangpor_2004Ilustrasi anak belajar

KOMPAS.com - Dalam hitungan minggu, Tahun Ajaran Baru 2021-2022 akan segera dimulai, tepatnya pada 12 Juli 2021. Liburan menuju tahun ajaran baru bisa digunakan oleh orangtua untuk mempersiapkan anak bersekolah ke jenjang berikutnya.

Merangkum laman Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), setidaknya diperlukan adanya tiga kesiapan saat anak akan masuk SD, yakni, anak yang siap, orang tua yang siap, dan sekolah yang siap.

Anak yang siap bersekolah adalah yang mampu menyesuaikan diri atau menjalankan transisi dengan lancar terhadap proses belajar yang lebih terstruktur ketika memasuki sekolah dasar.

Orang tua juga harus siap mendampingi, mempelajari, dan mendukung tahapan perkembangan sang anak karena orang tua lebih banyak berada di sisi anak.

Baca juga: Raih Nilai Sempurna di UTBK 2021, Ini Cerita Hanan dan Irfan

Lalu, kesiapan anak juga bergantung pada pembelajaran dan perkembangan anak dengan dukungan dari para pendidik, sehingga anak secara bertahap dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut langkah yang dapat diberikan orangtua untuk menyiapkan anak PAUD masuk ke jenjang SD:

1. Beri stimulasi tepat

Agar anak siap bersekolah, maka stimulasi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan aspek fisik dan senso-motorik, kognitif, sosial-emosional, dan sikap belajar.

Keseharian anak yang waktunya banyak dihabiskan bersama keluarga, dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang bermakna yang dapat memfasilitasi anak untuk siap bersekolah.

Seperti mendorong anak untuk memiliki rasa ingin tahu, mengajak anak bermain untuk menghasilkan suatu karya, mengajak anak menyanyikan lagu-lagu yang berirama, dan kegiatan lain yang dilakukan saat anak masuk sekolah dasar.

Baca juga: SMA Negeri Ini Terbaik Se-Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK 2020

Karena itu, orangtua juga harus siap mendampingi, mempelajari, dan mendukung tahapan perkembangan sang anak sesuai dengan usianya karena orang tua lebih banyak berada di sisi anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X