Kompas.com - 24/06/2021, 13:55 WIB
Muhammad Irfan dan Muhammad Hanan, dua siswa peraih nilai sempurna atau 1.000 untuk program Saintek UTBK 2021. Dok. Universitas BrawijayaMuhammad Irfan dan Muhammad Hanan, dua siswa peraih nilai sempurna atau 1.000 untuk program Saintek UTBK 2021.

KOMPAS.com - Muhammad Irfan dan Muhammad Hanan, dua siswa peraih nilai sempurna atau 1.000 untuk program Saintek mengaku bukan termasuk siswa yang masuk ranking 3 besar di sekolah. Namun, siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman tersebut justru meraih nilai sempurna pada UTBK 2021.

Hanan meraih nilai sempurna atau 1.000 untuk mata pelajaran Matematika dan Kimia. Sementara Irfan meraih nilai sempurna atau 1.000 untuk mata pelajaran Kimia.

Ingin membahagiakan orangtua

Kini, Hanan telah diterima di Jurusan Teknik Informatika Filkom Universitas Brawijaya (UB) sementara Irfan diterima di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UB.

“Saya dari kecil suka mata pelajaran Matematika dan Kimia. Saya juga bukan termasuk siswa yang berprestasi. Peringkat saya hanya 10 besar di sekolah,” cerita Hanan seperti dirangkum dari laman UB, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Dari UGM hingga Harvard, Ini Kampus Para Menteri Republik Indonesia

Begitu juga dengan Irfan, dia bercerita bahwa dirinya juga bukan termasuk siswa dengan peringkat tiga besar di sekolah. “Di sekolah termasuk anak yang biasa aja, tidak juara kelas, setiap tahun selalu dapat ranking belasan,” kata Irfan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal bimbingan belajar, Hanan dan Irfan mengaku hanya sekali mengikuti bimbingan belajar.

“Kalau bimbel, saya baru pertama kali bimbel pas semester 2 kelas 12 selama 1 bulan. Waktu itu ada kerja sama bimbel dengan pihak sekolah, jadi saya ikuti itu . Sebelum- sebelumnya saya belum pernah ikut bimbel,” kata Hanan.

Meski bukan termasuk yang terpandai di sekolah, Irfan mengaku sudah jatuh cinta dengan Kimia sejak duduk di bangku kelas 10. Hal ini yang membuatnya terpilih menjadi wakil sekolah untuk mengikuti olimpiade Kimia di Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Motivasi belajar saya selain karena kelak ingin membahagiakan orang tua saya juga ingin suatu saat bisa meraih prestasi lomba tingkat nasional. Kalau bisa pas di kampus nanti jadi anak berprestasi yang bisa memenangkan lomba tingkat nasional,” katanya.

Baca juga: Beasiswa S1 Dalam dan Luar Negeri Kemendikbud Ristek-LPDP, Ditutup 30 Juni

Meskipun saat ini Hanan dan Irfan sudah diterima di jurusan favorit masing-masing, mereka berharap dengan kuliah di UB kelak bisa mendapatkan pekerjaan layak yang bisa bermanfaat untuk semua orang terutama orangtua mereka.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X