Kompas.com - 23/06/2021, 22:31 WIB
Pelaksanaan belajar tatap muka dipertimbangkan juli akibat kasus positif Covid-19 melonjak KOMPAS.COM/RASYID RIDHOPelaksanaan belajar tatap muka dipertimbangkan juli akibat kasus positif Covid-19 melonjak
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memastikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tetap dilakukan, kecuali di zona merah Covid-19.

"SKB 4 Menteri belum ada perubahan. PTM terbatas tetap berjalan. Tapi tetap mempertimbangkan perkembangan Covid-19 di tiap daerah," ujar Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek Jumeri secara daring, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Rencana PTM Terbatas Harus Matang, Jangan Asal-asalan

Meski tetap berjalan, kata dia, pola pelaksanaan PTM terbatas tetap mengikuti perkembangan aturan PPKM mikro.

Artinya, bilang dia, sekolah yang berada di zona merah Covid-19 dan pemerintah setempat memberlakukan PPKM mikro, maka sekolah itu tidak bisa menjalankan PTM terbatas.

"Sekolah itu akan tetap menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ)," sebut dia.

Jumeri menegaskan, orangtua tidak perlu takut dengan mekanisme PTM terbatas. Sebab, PTM terbatas bukan momok yang harus ditakutkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun sudah diperbolehkan, lanjut Jumeri, keputusan siswa menjalankan PTM terbatas ada ditangan orangtua.

Dia menyebut, pelaksanaan PTM terbatas maupun PJJ tidak akan ada perbedaan. Semua siswa akan mendapat perlakuan yang sama dari sekolahnya masing-masing.

Lanjut dia menegaskan, bagi sekolah yang menggelar PTM terbatas agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Sekolah Madrasah Wilayah Zona Merah Covid-19 Tak Boleh PTM Terbatas

Hal itu dikarenakan, tujuan utama pembelajaran, baik PTM terbatas maupun PJJ adalah siswa, guru, dan tenaga kependidikan tetap sehat dan aman.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X