Kompas.com - 23/06/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar dari rumah.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat belajar, seseorang harus fokus agar apa yang dibaca atau dicermati bisa dengan mudaj dipahami. Tapi bagi seseorang yang sulit fokus dalam belajar hal ini menjadi sesuatu yang menyulitkan.

Baru membaca 10 menit namun ketertarikan scroll Instagram lebih kuat dibandingkan konsentrasi untuk belajar. Jika mengalami kesulitan berkonsentrasi saat belajar, kamu bisa mencoba salah satu teknik yang satu ini.

Namanya Teknik Pomodoro. Teknik ini patut dicoba, agar belajar jadi lebih efektif dan lebih percaya diri saat menyambut ujian.

Dilansir dari platform edukasi Ruang Guru, Teknik Pomodoro adalah teknik pengaturan waktu yang telah diperkenalkan pada akhir tahun 1980 oleh Fransisco Cirillo.

Baca juga: Ini Persiapan Madrasah Ikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Teknik Pomodoro

Pomodoro dalam Bahasa Spanyol mempunyai arti tomat. Cirillo saat masih menjadi mahasiswa menggunakan kitchen timer berbentuk tomat sebagai pengatur waktu saat belajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknik ini merupakan teknik fokus dengan interval selang waktu. Melalui teknik ini seseorang harus fokus dalam selang waktu tertentu, contohnya 25 menit. Setelah waktu habis, harus istirahat selama 5 menit.

Cara ini dilakukan sebanyak 4 babak, setelah itu bisa beristirahat lebih lama asal tidak lebih panjang daripada waktu untuk fokus.

Penasaran dengan penerapan teknik Pomodoro? Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2021

Cara menerapkan Teknik Pomodoro

1. Jauhi distraksi dan siapkan materi yang harus dipelajari

Kamu harus mematikan notifikasi di smartphone. Bisa juga menggunakan fitur airplane mode bila perlu atau senyapkan sementara handphonemu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X