Kompas.com - 22/06/2021, 16:25 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Computer Based Test Ujian Mandiri (CBT UM) yang diadakan Universitas Gadjah Mada (UGM) dilaksanakan di dua tempat, yakni Yogyakarta dan Jakarta.

 

Sebanyak 5.627 peserta mengikuti pelaksanaan tes masuk CBT UM UGM di Kampus Jakarta pada 22 Juni hingga 29 Juni 2021 mendatang.

Pelaksanaan CBT UM UGM 2021 diikuti sebanyak 36.470 peserta yang melangsungkan ujian di dua kota yakni Yogyakarta sebanyak 30.843 peserta. Sedangkan peserta yang mengikuti ujian di Kampus Jakarta sebanyak 5.627 peserta.

Para peserta untuk memperebutkan 3.240 kursi yang sudah disediakan. Dalam pelaksanaan ujian di UGM Kampus Jakarta, panitia ujian telah melakukan persiapan agar pelaksanaan ujian mengikuti prosedur kesehatan Covid-19.

Baca juga: Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CBT UM UGM Kampus Jakarta

Mulai dari persiapan fasilitas pendukung, protokol kesehatan (prokes) baik dari petugas dan peserta, serta perizinan dari pihak-pihak terkait.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Yahya Agung Kuntadi mengatakan, pihaknya melibatkan 63 petugas jaga ujian untuk menggelar kegiatan ujian yang berlangsung selama 6 hari.

Untuk mencegah terjadi penularan virus Covid-19, setiap petugas CBT UM UGM wajib melakukan rapid test antigen selama 3 kali dalam masa penyelenggaraan CBT UM UGM.

"Kita lakukan rapid test pada saat awal, tengah dan akhir penyelenggaraan, lalu disediakan face shield, masker dan sarung tangan," kata Yahya seperti dikutip dari laman, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: UPN Jogja Buka Prodi Magister Pertambangan, Cek Syarat dan Biayanya

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan pihak pengelola gedung PT UGM-Samator Pendidikan melakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruang yang digunakan dalam kegiatan CBT UM UGM, sebelum ujian atau setiap sesi ujian.

"Setiap ruangan akan disterilkan dengan disemprotkan disinfektan baik sebelum dan sesudah ujian. Untuk tablet peserta akan disterilkan atau dibersihkan sebelum dan sesudah ujian," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X