Unair Terapkan Kebijakan Bebas Asap Rokok dan Lengkapi Fasilitas Olahraga, Dukung SDGs

Kompas.com - 21/06/2021, 20:32 WIB
Salah satu lapangan futsal yang ada di kampus C Unair Dok. Unair NewsSalah satu lapangan futsal yang ada di kampus C Unair

KOMPAS.com - Mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) terkait good health and well being (kesehatan yang baik dan kesejahteraan), Universitas Airlangga (Unair) terapkan kebijakan bebas asap rokok di lingkungan kampus serta penyediaan fasilitas olahraga.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Perencanaan dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Unair, Junaidi mengatakan bahwa fasilitas olahraga yang dimiliki Unair tersebar di kampus A, kampus B dan kampus C.

Pada kampus A, lanjut Junaidi, fasilitas olahraga yang bersifat outdoor terdiri atas lapangan tenis dan lapangan bulu tangkis di Fakultas Kedokteran (FK), serta lapangan bulu tangkis di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Sedangkan di kampus B, Junaidi mengatakan bahwa fasilitas olahraga terdiri atas lapangan bulu tangkis yang bersifat indoor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan juga terdapat lapangan tenis.

Baca juga: Siapkah Kampus Indonesia Menjadi Kampus Bebas Asap Rokok?

Tidak hanya itu, di Fakultas Hukum (FH) juga terdapat lapangan bulu tangkis yang bersifat indoor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kampus C UNAIR, terdapat fasilitas olahraga yang berada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Adapun fasilitas olahraga indoor terdiri atas gelanggang olahraga (GOR) yang biasanya digunakan untuk pertandingan bola basket, bola voli, dan futsal.

Kemudian juga terdapat Airlangga Convention Center (ACC) yang biasanya digunakan untuk kompetisi silat dan lain-lain.

Kemudian, fasilitas yang bersifat outdoor, sambung Junaidi, terdiri atas lapangan futsal dan lapangan basket yang terletak di depan GOR.

Termasuk lapangan voli di depan student center (SC), lapangan bulu tangkis di Fakultas Keperawatan (FKp) dan yang terbaru adalah lapangan bola basket, lapangan futsal serta lapangan tenis yang berada di dekat asrama mahasiswa putri.

Baca juga: Dicari, 20.000 Mahasiswa untuk Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

“Penggunaan seluruh fasilitas olahraga tersebut diutamakan untuk sivitas akademika UNAIR lebih khusus untuk mahasiswa,” ucap Junaidi pada Selasa (15/06/21).

Mengacu pada Peraturan Rektor UU Nomor 34 Tahun 2019 khususnya pada pasal 42 ayat 1, setiap penduduk dan tamu dilarang merokok di lingkungan Unair kecuali di tempat yang telah ditentukan dan tidak mengganggu orang lain.

Junaidi mengungkapkan, peraturan tersebut tentu juga sebuah perwujudan untuk mendukung poin ketiga SDGs.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X