Kompas.com - 21/06/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINIlustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021.

KOMPAS.com - Pendaftaran jalur zonasi online untuk jenjang SMA di Jawa Tengah telah dibuka mulai Senin (21/6/2021) hingga 24 Juni nanti.

Dilansir dari laman ppdb.jatengprov.go.id, jalur zonasi adalah pembagian wilayah calon peserta didik berdasarkan jarak atau radius domisili sesuai alamat pada kartu keluarga dengan Satuan Pendidikan. Seleksinya, berdasarkan jarak domisili dan usia saat masuk sekolah.

Untuk alurnya sendiri pertama kali para pendaftar harus memasukan kata kunci yang meliputi NISN, NIK, dan tanggal lahir di situs https://ppdb.jatengprov.go.id/

Kemudian, alur selanjutnya jika data telah sesuai dengan kata kunci, maka unggah pakta integritas. Selanjutnya melakukan persetujuan pengajuan akun dan mencetak bukti pengajuan akun yang di dalamnya tertera nomor peserta dan token.

Baca juga: 30 SMA-SMK Terbaik di Jawa Tengah Berdasarkan Nilai UTBK 2020

Mungkin masih banyak yang bingung apa itu pakta Integritas. Pakta Integritas sendiri adalah surat pernyataan kebenaran dokumen yang menjadi persyaratan PPDB SMA-SMK Jateng tahun ini.

Dalam Pakta Integritas, orang tua/wali calon peserta didik (CPD) secara garis besar menyatakan dua hal, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Seluruh data/dokumen yang dipergunakan CPD adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku, baik dalam proses perolehannya maupun hal-hal yang berkaitan dengan dokumen yang bersangkutan.

2. Apabila terbukti melanggar Surat Pernyataan yang telah diteken, bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan bersedia pula mempertanggung-jawabkan secara hukum.

Pakta Integritas harus diisi oleh orangtua atau wali Calon Peserta Didik (CPD) lalu dipindai dalam format gambar atau dokumen (jpg/png/pdf) sebelum diunggah saat pengajuan akun PPDB. Orangtua atau wali, harus menyimpan pakta integritas agar jangan sampai hilang.

Untuk dokumen, ada beberapa syarat dokumen yang wajib dimiliki CPD. Berikut rinciannya:

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar untuk SD-SMA

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X