Kompas.com - 21/06/2021, 13:39 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meluncurkan Program Kampus Merdeka dari Merdeka Belajar.

Meski demikian, program tersebut seharusnya tidak hanya berfokus menyalurkan mahasiswa magang di dunia usaha dan industri saja.

Tetapi, mahasiswa juga bisa magang diberbagai sektor. Salah satunya belajar atau mengenal lebih dekat dengan dunia politik.

Baca juga: Komisi X DPR: Guru Honorer Juga Harus Dapat Vaksin

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti usai pertemuan Tim Kunspek Komisi X DPR RI dengan jajaran sivitas akademika Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jumat (18/6/2021).

"Kita menginisiasi agar dalam Program Kampus Merdeka, magang mahasiswa tidak hanya berorientasi pada dunia usaha dan industri," ujarnya dikutip dari laman DPR RI, Minggu (20/6/2021).

Bisa merambah dunia politik

Akan tetapi program ini juga dapat merambah ke dunia politik dan birokrasi yang menurut Agustina tidak kalah menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan, untuk bisa menjadi anggota legislatif, mahasiswa harus melihat langsung di DPR/MPR bagaimana sebenarnya politisi itu bekerja.

Apakah persepsi yang beredar di media sosial itu sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

"Hal ini akan mengubah mindset mereka ketika bisa melihat langsung prakteknya di dunia nyata," tegas Agustina.

Karenanya, ia menekankan agar pola magang mahasiswa dengan konsep Kampus Merdeka ini tidak lagi semata-mata mereka belajar birokrasi mendasar seperti hanya mengantar surat.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X