Kompas.com - 21/06/2021, 12:00 WIB
Universitas Sebelas Maret Surakarta Situs UNSUniversitas Sebelas Maret Surakarta

KOMPAS.com - Masih ada kesempatan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) bagi calon mahasiswa untuk pendaftaran sekolah vokasi tanpa dikenakan biaya uang pangkal.

Jadi bagi kamu yang belum lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bisa mencoba Pendaftaran Seleksi Utama Masuk Diploma (SUMD) 2021 dibuka hingga Senin (21/6/2021).

Jalur SUMD ini merupakan salah satu jalur masuk untuk calon mahasiswa program studi D-3 sekolah vokasi UNS.

Proses seleksi akan dilakukan berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer dalam jaringan daring dan dibuka bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021.

Baca juga: 14 Jalur Mandiri PTN Masih Buka Pendaftaran, Ini Jadwal dan Link

"Jalur SUMD adalah salah satu jalur masuk ke program studi D-3 Sekolah Vokasi UNS nih, Vocazens! Test tertulis (daring), tanpa biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi), kuliah 70 persen praktik, 30 persen teori, serta lulusan kompeten dan siap kerja," dilansir dari Instagram UNS. 

Berikut ini persyaratan pendaftaran peserta jalur SUMD 2021 sekolah vokasi UNS yang dilansir dari laman resmi UNS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Syarat Peserta Jalur SUMD Vokasi UNS 2021

1. Lulusan SMA/MA/IPA dapat memilih semua program studi, lulusan SMA/MA IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi IPS, lulusan SMK hanya dapat memilih program studi relevan atau yang sejalur;

2. Peserta memenuhi persyaratan khusus yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:

  • Program Studi D-3 Kebidanan, D-3 Desain Komunikasi Visual, D-3 Farmasi, D-3 Teknik Kimia: Tidak Buta Warna Total maupun Parsial.
  • Program Studi D-3 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, D-3 Agribisnis: Tidak Buta Warna Total.
  • Program Studi D-3 Kebidanan: Putri, tinggi badan minimal 150 cm.
  • Peserta yang memilih Program D-3 Desain Komunikasi Visual harus mengunggah karya (portofolio) berupa gambar suasana belajar di rumah saat pandemi dengan ketentuan sebagai berikut: Menggunakan pensil 2B, tanpa menggunakan penggaris; Media berupa kertas putih ukuran A4; Gambar penuh satu halaman, tanpa garis tepi.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: Undip, IPB, UNY

3. Peserta yang sudah dinyatakan diterima di program studi di Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui jalur yang lain tidak akan diikutkan pada proses Seleksi Utama Masuk Diploma.

Alur Pendaftaran 

1. Peserta menyiapkan:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X