Kompas.com - 21/06/2021, 10:33 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual thodonalIlustrasi pelecehan seksual
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Unipar Jember berinisial RS telah melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu dosen di kampus tersebut.

Akibat kejadian itu, RS mengundurkan diri dari jabatannya sejak Kamis (17/6/2021). Setelah ada laporan dari suami dosen yang mengalami pelecehan seksual.

Baca juga: Pakar Unpad: Kondisi Psikis Anak Harus Diperhatikan di Masa Pandemi

Adanya kejadian itu, langsung ditanggapi oleh Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek Nizam.

Menurut Nizam, lingkungan perguruan tinggi harusnya bebas dari pelecehan seksual, perundungan, narkoba, dan intoleransi.

"Kami harap yayasan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tersebut mengambil tindakan yang tegas dengan adnaya kekerasan seksual di kampus," kata Nizam kepada Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Sebab, kata Nizam, pelakunya dilakukan oleh Rektor Unipar Jember, orang nomor satu di kampus tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suami dari dosen yang mengalami kekerasan seksual, MH mengaku, kasus pelecehan seksual yang menimpa istrinya pada 4-5 Juni 2021.

Itu terjadi saat acara kegiatan diklat dosen pengampu mata kuliah bagi perguruan tinggi PGRI se-Jawa Timur di Hotel Plaza Tanjung Tretes, Pasuruan.

“Berdasarkan apa yang dialami istri saya bahwa indikator rektor mulai melakukan pelecehan seksual ini sejak berada di dalam mobil menuju lokasi,” kata MH.

Baca juga: Mendikbud Ristek: PTM Terbatas Ditunda jika PPKM Diberlakukan

Di dalam mobil tersebut, kata MH, terdapat empat orang, yakni istrinya dan Agus Santoso sebagai peserta. Kemudian rektor dan sopir.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.