Kompas.com - 19/06/2021, 08:56 WIB
Sekolah Tatap Muka Disambut Antusias, Siswa Antri Cuci Tangan dan Periksa Suhu Tubuh Puluhan Meter di Pintu Gerbang KOMPAS.COM/JUNAEDISekolah Tatap Muka Disambut Antusias, Siswa Antri Cuci Tangan dan Periksa Suhu Tubuh Puluhan Meter di Pintu Gerbang

KOMPAS.com - Bagi sekolah yang siap melaksanakan sekolah tatap muka atau Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan panduan pembelajaran.

Dalam panduan ini, ada langkah khusus bagi sekolah yang siap mengambil opsi PTM terbatas. Mulai dari penerapan protokol kesehatan (prokes) hingga apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh satuan pendidikan selama belajar, di luar kelas, dan saat selesai pembelajaran.

Melansir Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pauddikdasmen di Masa Pandemi Covid 19, ada 4 lokasi yang menjadi perhatian dalam penerapan prokes. Keempat lokasi tersebut antara lain:

  • Di rumah, yakni sebelum berangkat sekolah;
  • Selama perjalanan menuju sekolah;
  • Di sekolah, mulai dari masuk gerbang hingga kegiatan belajar mengajar (KBM) dan setelahnya;
  • Pulang dari sekolah, termasuk di rumah.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Juli: Maksimal 2 Jam Sehari, Jumlah Murid 25 Persen

Apa saja yang harus dilakukan mulai dari berangkat dari rumah hingga pulang ke rumah? Berikut penjelasannya:

Di rumah sebelum berangkat sekolah

1. Sarapan sehat atau makan pagi sehat. Yakni mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan porsi sekali makan yang benar.

2. Pastikan diri dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala: suhu ≥37,3°C, atau keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Pastikan menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau 2 (dua) lapis yang dalamnya diisi tisu dengan baik dan membawa masker cadangan serta membawa pembungkus untuk masker kotor.

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

4. Sebaiknya membawa hand sanitizer dan membawa makanan beserta alat makan dan air minum sesuai kebutuhan.

5. Wajib membawa perlengkapan pribadi, meliputi: alat belajar, alat ibadah, alat olahraga, dan alat lain, sehingga tidak perlu pinjam meminjam.

Selama perjalanan menuju sekolah

1. Menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X