Kompas.com - 19/06/2021, 08:47 WIB
Ilustrasi siswa SD ShutterstockIlustrasi siswa SD
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menyatakan, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas akan dimulai pada bulan Juli 2021 mendatang.

Hanya saja, sampai saat ini angka konfirmasi positif Covid-19 terus melonjak di beberapa daerah.

Baca juga: Mendikbud Ristek: PTM Terbatas Ditunda jika PPKM Diberlakukan

Terkait hal itu, Pakar Epidemiologi Unair, Windhu Purnomo angkat bicara. Menurut dia, kebijakan itu hendaknya ditinjau ulang.

Hal itu karena saat PTM terbatas dibuka akan ada mobilitas tinggi yang dilakukan para siswa. Mobilitas yang tidak terkontrol tersebut dapat menyebabkan risiko tinggi tertular virus.

"Jadi kalau nekat membuka PTM terbatas, kita memang sengaja membuat siswa bergerak ke sekolah. Di sekolah berinteraksi dengan orang lain dan paling berbahaya, perjalanan dari rumah ke sekolah kemudian pulang dari sekolah menuju rumah. Itu risiko tinggi," ucap dia melansir laman Unair, Sabtu (19/6/2021).

Dia mengungkapkan, kegiatan siswa yang berkumpul juga memiliki risiko. Seperti kebiasaan siswa yang sering pulang beramai-ramai singgah ke suatu tempat menyebabkan riskan tertular virus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terutama, kata dia, bagi siswa yang menggunakan kendaraan umum sebagai alat transportasi.

Bagi Windhu, PTM terbatas bukan sekedar anak-anak dan sekolah melainkan juga mobilitas anak di luar sekolah. Serta, menyangkut tentang imunitas anak dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Jelang PTM Terbatas, Ini Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah

"Anak-anak usia di bawah 18 tahun itu relatif imunitasnya baik. Kecuali mereka punya komorbid itu yang bisa meninggal ketika dia tertular yang punya kelainan bawaan saat lahir dan seterusnya," jelas dia.

Memang, sebut dia, secara umum anak-anak itu lebih sehat. Karena, mereka memiliki daya tahan tubuhnya masih bagus dan masih muda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X