Kompas.com - 18/06/2021, 18:00 WIB
Pencak silat ShutterstockPencak silat

KOMPAS.com - Negara kita, tidak hanya kaya akan alamnya saja. Tetapi juga kaya akan beragam budaya yang dihadirkan dari berbagai wilayah.

Selain batik, Indonesia memiliki budaya yang diakui oleh dunia yakni pencak silat. Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diwariskan oleh leluhur dari generasi ke generasi.

Tradisi pencak silat berasal dari Sumatra Barat dan juga Jawa Barat, lalu terus dikembangkan di berbagai daerah di Tanah Air dengan keunikan gerakan dan musik pengiringnya masing-masing.

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) hal yang membanggakan adalah tradisi pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

Baca juga: Dua Pertiga Siswa Indonesia Anggap Kecerdasan Tak Bisa Diubah, Ini Dampaknya

Pencak silat dinilai telah memiliki seluruh elemen yang membentuk Warisan Budaya Takbenda. Tradisi bela diri ini terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial, serta kearifan lokal.

UNESCO mengakui kehebatan pencak silat Indonesia dan telah mengakui jika pencak silat menjadi identitas sekaligus pemersatu bangsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Budaya ini mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati, dan juga sportivitas.

Untuk pengetahuan saja, ternyata terdapat perbedaan silat dengan tradisi pencak silat.

Tradisi pencak silat yang diusulkan oleh Indonesia lebih fokus kepada filosofi sehingga cukup erat kaitannya dengan deskripsi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO untuk kemanusiaan.

Berbeda dengan Indonesia, Malaysia mengajukan silat sebagai warisan dunia lebih ke aspek olahraga bela diri.

Baca juga: Universitas Pertamina Buka 15 Jenis Beasiswa 2021 bagi Lulusan SMA/SMK

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X