Kompas.com - 17/06/2021, 17:19 WIB
Ilustrasi internet, media sosial. ShutterstockIlustrasi internet, media sosial.

KOMPAS.com - Menyimpan file dalam jumlah banyak sering menjadi tantangan karena keterbatasan medium penyimpanan perangkat elektornik. Berita baiknya, saat ini tersedia penyimpanan data besar melalui aplikasi cloud storage.

Apalagi di era teknologi seperti ini, menyimpan file tak perlu lagi menggunakan hard disk eksternal. Tak hanya menyimpan data, cloud storage juga membuat kamu dapat berbagi data ke sesama teman dengan cara yang lebih mudah.

Sebab memang menyimpan file dalam jumlah banyak sering kali menjadi tantangan. Karena itu, tak heran jika pencarian cloud storage untuk menyimpan data-data pun semakin dibutuhkan.

Apa saja ya, rekomendasi cloud storage terbaik? Melansir dari Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau berikut daftarnya:

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

1. OneDrive

OneDrive adalah salah satu cloud storage yang umumnya digunakan bagi para pengguna Windows. Pada Windows 10, OneDrive secara otomatis ter-install di device-mu. Meskipun demikian, cloud storage milik Microsoft ini memiliki kekurangan dalam kapasitas, yaitu hanya 5GB.

Hal itu bertolak belakang dengan cloud storage lainnya yang memberikan kapasitas 10GB. Jika kamu telah nyaman dengan fitur OneDrive, kamu bisa upgrade OneDrive-mu dengan harga $1,99 per bulan dengan kapasitas 100GB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. IDrive

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Tech Radar, IDrive adalah cloud storage terbaik. Pasalnya, cloud drive ini tidak akan membuat file yang terhapus atau dihapus dari komputermu hilang otomatis.

Data tersebut tetap akan tersimpan di server. IDrive juga mempunyai fitur untuk mengirim harddisk fisik juga suatu saat data-datamu hilang.

Baca juga: Pakar Unair: Pemerataan Internet Jadi Tantangan Besar Indonesia

3. PCloud

PCloud adalah salah satu storage terbaik yang bisa kamu pilih. Cloud storage ini berasal dari Swiss dan cocok digunakan untuk mengirim file dalam ukuran besar. PCloud tidak memberikan batasan tertentu untuk ukuran file.

PCloud juga menyediakan fitur berbagi file dalam satu tim. Selain itu, aplikasi cloud ini juga bisa digunakan pada PC, smartphone, dan website.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X