Kompas.com - 16/06/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi liver Ilustrasi liver

KOMPAS.com - Kanker hati merupakan penyakit yang pertumbuhannya tidak terkontrol dari sel-sel ganas di hati yang dihasilkan dari sel-sel abnormal pada hati (primer) maupun akibat dari penyebaran kanker dari bagian tubuh lain (sekunder).

Faktanya, 80 persen kasus kanker hati di dunia berada di negara sedang berkembang seperti Afrika Tengah, Asia Timur, dan Asia Tenggara, dan salah satunya di Indonesia.

Dalam dunia pengobatan kanker, sejauh ini operasi dan kemoterapi masih merupakan metode terapeutik utama di samping metode pencegahan seperti imunisasi Hepatitis B.

Menurut Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Prof. Win Darmanto, beserta rekan penelitinya Suhailah Hayaza, mengatakan, penerapan obat terapeutik memiliki beberapa efek samping, yaitu penekanan hemopoietik, efikasi yang terbatas, imunotoksisitas dan resistensi obat.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Kondisi ini kemudian memunculkan berbagai pengembangan strategi pengobatan baru yang tidak toksik dan memiliki tingkat efikasi atau kemanjuran yang cukup tinggi untuk mengobati kanker, yaitu dengan pengendalian sistem immune.

“Imunoterapi yang saat ini sedang dikembangkan adalah penggunaan tanaman herbal sebagai salah satu upaya mengatur kinerja sistem imun pasien kanker,” ungkapnya dilansir dari laman resmi unair.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, kandungan tanaman yang berfungsi sebagai immunomodulatory adalah tanaman Okra.

Tanaman Okra atau yang disebut dengan Okra Raw Polysaccharide Extract (ORPE) memiliki kemampuan dalam mengaktivasi faktor transkripsi nuclear factor kappa-light-chain-enhancer of activated B cells (NF-?B) dari sel normal.

“Aktivasi NF-?B dapat meningkatkan transkripsi gen yang terkait dengan produksi sitokin yang diperlukan untuk mengaktivasi sel imun baik sel imun innate maupun adaptif,” tuturnya.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Pemberian ORPE menunjukkan efek immunosuppressant terhadap makrofag. Semakin tinggi dosis ekstrak yang diberikan, persentase makrofag semakin rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X