Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2021, 08:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rektor Universitas Airlangga Prof Dr. Mohammad Nasih, menyebut ada sebanyak 2.000 siswa dari daya tampung 1.893 yang tersebar di berbagai provinsi dan daerah di Indonesia lolos jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2021.

Sebagai perguruan tinggi nomor 4 di Indonesia berdasarkan versi QS WUR, tercatat total peminat pendaftar jalur SBMPTN Unair 2021 adalah 27.338 siswa.

Menurutnya, siswa yang diterima SBMPTN ada pemerataan yang sangat bagus dengan proporsi laki-laki 33,7 persen dan perempuan 66,3 persen.

“Dari proporsi tersebut tercatat siswa tersebar 742 sekolah dan 29 provinsi dan 69,10% siswa yang diterima berasal dari Jawa Timur yang disusul oleh DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan seterusnya,” ungkapnya dilansir dari laman Unair.

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa Kuliah 100 Persen, Yuk Daftar

Menurut Prof Nasih, di antara total yang diterima di UNAIR, ada 350 atau 17,50 siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KPIK). "Dari data ini, maka KIPK masih bisa dimanfaatkan pendaftar di jalur mandiri D3, dan D4," Ungkapnya.

Sementara, untuk proses daftar ulang mahasiswa baru SBMPTN 2021 Unair, dilansir dari laman pendidikan.unair.ac.id, berikut jadwal dan persyaratannya:

Jadwal registrasi

1. Pengisian Biodata dan Upload Berkas Online melalui laman https://regmaba.unair.ac.id/  kemudian pilih menu SBMPTN

  • Tanggal 16 – 21 Juni 2021

2. Verifikasi Berkas Keuangan online

  • Tanggal 16 – 22 Juni 2021

Baca juga: Pakar Unair: Tips Bersepeda agar Terhindar dari Serangan Jantung

3. Informasi Besaran UKT (INVOICE)

  • Tanggal 24 Juni 2021 pukul 07.00 WIB

4. Pembayaran Biaya Pendidikan melalui ATM/teller/Internet Banking melalui bank mitra Universitas Airlangga di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta ujian (tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman http://bit.ly/pembayaranuktonline). 

Catatan:
Bagi mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 yang diterima di SBMPTN Unair 2021 tidak perlu melakukan pembayaran hanya menunggu verifikasi berkas online

5. Verifikasi Berkas Registrasi Online

Berkas yang sudah diverifikasi akan tampil Nomor Induk Mahasiswa (NIM)) dan dapat dilihat pada laman https://regmaba.unair.ac.id/

Namun Apabila ada berkas yang perlu diperbaiki maka akan ada notifikasi padah https://regmaba.unair.ac.id/dan SMS)

  • Tanggal 24 – 30 Juni 2021

6. Pengisian Kuesioner dan Cetak KTM Sementara melalui laman https://cybercampus.unair.ac.id/  dilakukan setelah mendapatkan NIM/sudah diverifikasi dengan login Username dan password dengan memasukkan NIM

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com