Kompas.com - 15/06/2021, 18:00 WIB
Karang gigi bisa memicu kepekatan air liur Unsplash/Amr TahaKarang gigi bisa memicu kepekatan air liur

KOMPAS.com - Bila dibiarkan, plak gigi yang menumpuk tak hanya dapat mengganggu penampilan, namun juga mengganggu kesehatan.

Untuk mengatasi plak gigi, biasanya dilakukan metode scaling gigi, yakni prosedur non-operasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk membersihkan plak dan karang gigi.

Bahkan, banyak ahli mencari cara untuk mengatasi plak gigi secara alami. Salah satu yang dilakukan adalah meneliti berbagai tumbuhan lokal Indonesia guna menemukan potensi nabati untuk mencegah penumpukan plak pada gigi.

Dosen sekaligus Wakil Dekan FKG UGM, Juni Handajani, mengungkapkan sejauh ini para peneliti dari FKG telah menemukan dua tumbuhan lokal yang memiliki potensi untuk mencegah terbentuknya plak gigi.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Dua tumbuhan tersebut adalah Kulit Batang Jambu Mete dan Daun Teh. Ekstrak dari kedua tumbuhan tersebut kemudian dapat digunakan sebagai bahan campuran produk obat kumur dan pasta gigi.

“Prodi S3 FKG UGM telah melakukan beberapa penelitian yang mengeksplorasi atau mencari potensi dari tumbuhan yang ada di Indonesia ini yang efeknya nanti untuk mengantisipasi adanya plak gigi,” jelas dokter Juni dilansir dari laman resmi UGM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Plak pada gigi terbentuk karena ada akumulasi bakteri pada permukaan gigi. Bakteri atau mikroorganisme tersebut akan menempel dalam bentuk lapisan tipis, dalam bahasa medis lapisan ini disebut dengan biofilm.

Kedua tumbuhan yang berhasil ditemukan para peneliti FKG UGM di atas ternyata dapat melawan bakteri-bakteri penyebab plak pada gigi tersebut.

Kulit batang jambu mete yang diteliti oleh Dr. drg. Harsini, M.S, ternyata ditemukan mengandung asam anakardat dan asam galat terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. Aureus dan A .Astimomycetemcomitans.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Kedua jenis bakteri tersebut diketahui sebagai bakteri-bakteri penyusun terbentuknya plak gigi. Tidak hanya sampai di situ, ekstrak kulit batang jambu mete ini ternyata juga ditemukan terbukti mempercepat penyembuhan bekas pencabutan gigi dan sariawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X