Kompas.com - 12/06/2021, 11:50 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi para mahasiswa yang mengalami kesulitan terkait biaya pendidikan, saat ini banyak sekali program beasiswa yang bisa dimanfaatkan.

Baik itu program beasiswa untuk jenjangg S1, S2 bahkan S3. Informasi mengenai program beasiswa pun sering diinformasikan pihak kampus atau bisa dengan mudah diakes di media sosial.

Untuk bisa lolos program beasiswa ternyata perlu beberapa hal yang harus dipersiapkan. Bahkan sejak menempuh pendidikan S1.

Untuk membantu para mahasiswanya memperoleh beasiswa, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan talkshow bertema Kiat Sukses mendapatkan Beasiswa Studi Lanjut.

Baca juga: Megawati Raih Gelar Profesor Kehormatan dari Unhan, Ini Alasannya

Tips meraih beasiswa

Alumni Unikama sekaligus Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Uun Muhaji mengungkapkan, memperoleh beasiswa tidaklah semudah yang dibayangkan.

Perlu persiapan yang matang untuk mengikuti seleksi scholarship baik di Luar maupun dalam negeri.

"Mahasiswa harus mengetahui informasi tentang macam-macam beasiswa dan juga persyaratannya," kata Uun Muhaji seperti dikutip dari laman unikama.ac.id, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: PPDB Surabaya 2021: Cek Jadwal Lengkap per Jalur dan Persyaratan Umum

Butuh persiapan dan perjuangan

Dosen yang saat ini menempuh S3 di Universitas Pendidikan Indonesia ini menerangkan, mendapatkan beasiswa membutuhkan waktu, persiapan dan perjuangan. Semakin matang persiapannya akan semakin mudah mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi S2 atau S3.

"Perencanaan jauh-jauh hari harus dilakukan entah persiapan administrasi maupun mental kita," urainya.

Uun Muhaji juga menceritakan sedikit pengalamannya saat memperoleh beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) yang dibiayai langsung Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.