Kompas.com - 12/06/2021, 09:58 WIB

 

KOMPAS.com - Orangtua kerap mengharapkan anaknya berprestasi sekaligus berbudi pekerti yang baik. Tidak hanya di lingkungan rumah, namun di lingkungan dan situasi mana pun anak berada termasuk di sekolah.

Mendidik anak berprestasi dan berbudi baik, bisa dibilang memerlukan triknya sendiri. Sebab, anak-anak memiliki ciri khasnya masing-masing yang tentu memiliki trik khusus untuk meningkatkan dan mengasah skill-nya.

Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi sang anak adalah dengan meningkatkan semangat dalam diri mereka.

Baca juga: 7 Cara Stimulasi Perkembangan Anak Disabilitas Pendengaran

Seorang anak yang bersemangat akan menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti pola pikir yang mulai berkembang, aktif dalam setiap kegiatan, menyukai tantangan, serta tidak mudah menyerah.

Kalau ada seseorang menguap, terkadang kita juga tersugesti untuk menguap. Ternyata semangat pun bisa menular.

Orangtua yang bersemangat tentunya akan membentuk anak yang bersemangat pula. Maka dari itu, orang tua juga perlu menebarkan semangat dalam kepada anak.

Cara yang bisa dicoba membentuk semangat pada anak adalah seperti berbicara berkesan dengan anak, memahami bahwa setiap anak tidaklah sama, berbicara singkat namun berdampak, serta berbicara yang nyaman, percaya diri, jelas, dan mudah dipahami.

Selain itu, ada juga hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anaknya. Seperti yang dilansir dari laman Direktorat SMP berikut ini:

Biarkan anak yang memilih

Anak mempunyai kebebasan dalam memilih apa yang hendak ia lakukan. Mereka kadang kala tahu apa yang mereka pilih baik bagi mereka.

Orangtua sebaiknya tidak mengekang, namun hanya mengawasi apa yang dilakukan oleh anak.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.