Kompas.com - 12/06/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi teknologi. shutterstock.com/sdecoretIlustrasi teknologi.

KOMPAS.com - Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang tidak gagap teknologi, harusnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Chief Administration Officer PT Trakindo Utama, Yullia Yasmina menyebut Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di bidang teknologi telah menjadi kebutuhan.

Yulia percaya membangun SDM berkualitas di bidang teknologi dapat dilakukan melalui pendidikan.

"Strategi dan perubahan di bidang pendidikan tinggi yang kemudian berdampak pada pendidikan menengah akan menentukan kemampuan SDM di Indonesia di bidang teknologi," kata Yulia dalam Bincang Perspektif Trakindo: Masa Depan Pendidikan Teknologi di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 gelaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) secara daring.

Ia mengatakan, industri akan sangat membutuhkan SDM berkualitas. Penyerapan SDM berkualitas sudah barang tentu membuat dunia industri bakal lebih maju.

Baca juga: Lima Cara Mengasah Jiwa Inovatif dan Jadi Lebih Kreatif

"Kami dari dunia industri harus dapat memanfaatkan momentum ini untuk menjadi lebih inovatif, proaktif, dan adaptif dalam menghadapi tantangan zaman yang terjadi saat ini dan di masa depan nantinya," papar Yulia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengatakan, saat ini teknologi menjadi tulang punggung dalam pembangunan Indonesia. Terlebih, di masa intensifikasi pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah digencarkan di berbagai daerah di Indonesia.

Selanjutnya, teknologi juga menjadi kebutuhan utama di tengah revolusi industri 4.0 yang baru dimulai dan akan menghadirkan tantangan-tantangan baru. Baik itu berupa perubahan cara masyarakat bekerja hingga mencapai tujuannya.

Seiring perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, kata dia, kemajuan di bidang industri, utamanya alat berat, membutuhkan SDM yang tidak hanya terampil di bidang mekanikal, tapi juga di bidang elektrikal.

Baca juga: Mahasiswa ITS Ubah Mangrove Menjadi Produk Makanan Bayi

Pihaknya pun mendukung pengembangan di jurusan-jurusan terkait teknologi, serta menambah dukungan dan kerja sama di bidang elektrikal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X