Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cerita 2 Guru Hebat Ikut Wardah Inspiring Teacher yang Diasah Terus Kompetensinya

Kompas.com - 11/06/2021, 17:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kunci dari keberhasilan bangsa itu terletak pada pendidikan. Akan tetapi, bagaimana dengan pendidikan di Indonesia?

Apakah sudah maju? Ternyata belum. Ini karena kualitas pendidikan di Indonesia masih belum merata. Hal ini nampak dari kurangnya tenaga pendidik atau guru di suatu daerah, hingga minimnya infrastruktur penunjang pendidikan.

Di samping itu, masih ada beberapa pendidik yang kompetensinya kurang. Padahal, kunci dari keberhasilan masa depan bangsa itu terletak pada kualitas sumber daya manusianya.

Baca juga: Guru Ingin Tingkatkan Kompetensi? Yuk Ikutan Wardah Inspiring Teacher 2021

Untuk itulah, PT Paragon Technology and Innovation tergerak ingin memajukan pendidikan di Indonesia dengan mengemas suatu program yang menarik.

Tingkatkan kompetensi guru

Program itu bernama Wardah Inspiring Teacher (WIT). Dimulai sejak 2017, kini WIT bakal kembali digelar untuk yang keempat kalinya.

Lantas, apa itu Wardah Inspiring Teacher? Ternyata, ini adalah program apresiasi persembahan dari Wardah kepada guru-guru inspiratif di Indonesia.

Menurut Suci Hendrina selaku Head of Corporate Communication & CSR Paragon Technology and Innovation, apresiasi diberikan dalam bentuk rangkaian pelatihan dengan tujuan meningkatkan inovasi dan kompetensi guru.

"Jadi intinya, pelatihan dari WIT ini bisa meningkatkan kapasitas guru," ujar Suci pada program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP) Angkatan ke-2 gelaran Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) kolaborasi dengan PT Paragon Technology and Innovation secara virtual, Rabu (9/6/2021).

Atau, lanjut Suci, guru ketika mengajar tidak hanya terpaku pada pemberian ilmu eksak saja, tetapi bisa membentuk karakter siswa.

Berbicara Wardah Inspiring Teacher, program ini dimulai sejak 2017 yang digelar di Kota Yogyakarta. Peserta ialah guru dari jenjang PAUD hingga SMA.

Kemudian program kembali dilaksanakan pada 2019, 2020 (secara daring) dan juga akan berlangsung di 2021 ini.

Baca juga: Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan: Hati-hati Menulis Berita Prestasi Anak

Pada kesempatan itu, Paragon juga menghadirkan alumni Wardah Inspiring Teacher 2019 dan 2020 untuk berbagi pengalamannya menjadi peserta WIT.

Wadah berbagi pengalaman guru

Seperti yang diungkapkan salah satu alumni WIT 2019, Anggi Rizka Pustika yang juga guru SDN Bogem 2 DIY, peran guru itu penting bagi pendidikan.

Anggi yang telah mengabdi sebagai guru di berbagai SD tersebut merasa bahwa kompetensinya perlu ditingkatkan.

Bahkan ketika ikut program ini dia merasa punya wadah untuk saling berbagi pengalaman dengan peserta lain yang berasal dari berbagai daerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com