Kompas.com - 10/06/2021, 11:39 WIB
Ganjar Pranowo saat sidak PPDB Jateng di SMA N 3 Semarang, Kamis (2/7/2020) Dok. Pemprov JatengGanjar Pranowo saat sidak PPDB Jateng di SMA N 3 Semarang, Kamis (2/7/2020)

 

KOMPAS.com - Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Negeri Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jawa Tengah untuk jalur zonasi segera dibuka.

Tepatnya, pada 21 – 24 Juni 2021, dimulai pukul 07:00 WIB – 23:59 WIB. Dilansir dari laman ppdb.jatengprov.go.id, untuk melakukan pendaftaran, maka Calon Peserta Didik (CPD) harus mengakses melalui link pendaftaran online yang telah disiapkan melalui laman tersebut.

Dari petunjuk teknis (juknis) PPDB SMA Negeri Jateng tahun 2021/2022, ada beberapa jalur pendaftaran yang dapat dilakukan oleh CPD yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas pekerjaan orang tua.

Sementara untuk SMK tidak menerapkan sistem jalur namun PPDB-nya menerapkan sistem seleksi yakni seleksi dari keluarga miskin atau putra putri tenaga kesehatan, seleksi domisili jarak terdekat dan seleksi jalur prestasi.

Baca juga: SMA Terbaik di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur Berdasar Nilai UTBK 2020

Mengutip Pergub Jawa Tengah No 7 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada SMA, SMK dan SLB Propinsi Jateng jalur zonasi, ada beberapa persyaratan antara lain sebagai berikut:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Yakni Satuan Pendidikan wajib menerima calon peserta didik yang jarak/radius domisili berdasarkan alamat pada kartu keluarga dalam zona sekolah paling sedikit 55 persen dari daya tampung sekolah.

2. Lalu, Calon Peserta Didik dari Pondok Pesantren, zonasi sekolah mengikuti tempat kedudukan Pondok Pesantren dengan dibuktikan Surat Keterangan dari Lembaga Pondok Pesantren yang bersangkutan.

3. Kemudian, untuk calon peserta didik dari Panti Asuhan, zonasi sekolah mengikuti tempat kedudukan Panti Asuhan berdasarkan data base yang ditetapkan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: KIP Sekolah Sasar 17,9 Juta Siswa di 2021, Ini Besaran Dana Bantuan

4. Calon peserta didik dari daerah bencana alam dan/atau sosial, zonasi sekolah mengikuti tempat domisili sementara dengan dibuktikan Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan.

5. Domisili calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pada juknis tersebut, berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan dan/atau telah tinggal paling singkat 1  tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB berdasarkan data administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X