Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Ingin Tingkatkan Kompetensi? Yuk Ikutan Wardah Inspiring Teacher 2021

Kompas.com - 09/06/2021, 20:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah salah satu cita-cita bangsa Indonesia. Tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga butuh dukungan dari berbagai pihak.

Seperti halnya yang dilakukan PT Paragon Technology and Innovation. Perusahaan ini punya program keren yang ditujukan kepada guru-guru inspiratif di Indonesia.

Tentu, tujuan akhirnya ialah dapat turut serta mencerdaskan anak-anak bangsa melalui guru-guru yang inspiratif dan inovatif.

Baca juga: Pengamat Pendidikan Ingatkan Jurnalis Turut Mencerdaskan Bangsa

Menurut Suci Hendrina selaku Head of Corporate Communication & CSR Paragon Technology and Innovation, program itu bernama Wardah Inspiring Teacher (WIT).

"Ini adalah program apresiasi persembahan dari Wardah kepada guru-guru inspiratif di Indonesia," ujar Suci pada program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP) Angkatan ke-2 gelaran Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) kolaborasi dengan Paragon, Rabu (9/6/2021).

"Apresiasi diberikan dalam bentuk rangkaian pelatihan dengan tujuan meningkatkan inovasi dan kompetensi guru," imbuh Suci.

Tingkatkan kapasitas guru

Jadi intinya, pelatihan dari WIT ini bisa meningkatkan kapasitas guru. Atau guru ketika mengajar tidak hanya terpaku pada pemberian ilmu eksak saja, tetapi bisa membentuk karakter siswa.

Berbicara Wardah Inspiring Teacher, program ini dimulai sejak 2017 yang digelar di Kota Yogyakarta. Peserta ialah guru dari jenjang PAUD hingga SMA.

Kemudian program kembali dilaksanakan pada 2019, 2020 (secara daring) dan akan kembali digelar pada 2021 ini.

Baca juga: Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan: Hati-hati Menulis Berita Prestasi Anak

Jika ada guru yang tertarik ingin mengembangkan skill-nya, maka bisa ikut pelatihan dari WIT 2021 yang pendaftarannya masih dibuka hingga 22 Juni 2021.

Untuk cara daftarnya dengan membuka laman https://inspiringteacher.wardahbeauty.com/

Pada kesempatan itu, Paragon juga menghadirkan alumni WIT 2019 dan 2020 untuk berbagi pengalamannya menjadi peserta Wardah Inspiring Teacher.

Seperti yang diungkapkan salah satu alumni WIT 2019, Anggi Rizka Pustika yang juga guru SDN Bogem 2 DIY, peran guru itu penting bagi pendidikan.

Terlebih ketika mengajar di kelas, maka guru harus paham apa yang jadi persoalan siswa, apa yang diinginkan siswa, dan seperti apa metode pembelajarannya.

"Di pelatihan ini guru diajarkan untuk percaya diri. Guru juga harus peka dan bisa berempati pada siswa. Jadi apa yang diinginkan siswa, guru harus tahu," terang Anggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com